Pemprov Kalsel Diminta Gali Potensi untuk Tingkatkan PAD

0

WAKIL Ketua Komisi II DPRD Kalsel Muhammad Yani Helmi meminta Pemprov Kalsel menggali lagi potensi-potensi yang bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kalsel.

DINAS Pendapatan Daerah agar menggali lagi potensi-potensi baru, misalnya dari sarang walet. Ini bisa dikerjasamakan dengan pemerintah kabupaten dan kota. Informasi dari BPKP ratusan miliar rupiah lolos dari daerah. Ini seharusnya bisa menjadi pendapatan bagi daerah kita,” ucap pria yang kerap disapa Paman Yani ini.

Politisi Partai Golkar ini mengaku banyak mendapat masukan mengenai lolosnya pendapatan daerah melalui pajak permukaan air, yang nilainya miliaran rupiah.

BACA : Penerimaan UPPD Batulicin Naik, Paman Yani : Peruntukkannya Kembali Ke Rakyat

“Jika ini masuk ke kas daerah maka pendapatan pemerintah akan bertambah dan secara tidak langsung menghidupi roda pembangunan yang sedang berjalan,” katanya.

Ia menegaskan akan terus menggaungkan pemasukan daerah baru yang bisa digali lagi guna menopang pendapatan daerah.

“Ini harus didukung semua pihak. Tdak hanya legislatif saja, tapi juga seluruh perangkat daerah yang berwenang,” ujarnya.

BACA JUGA :  Paman Yani Apresiasi Capaian Pendapatan UPPD Samsat Handil Bakti Dari “Pemutihan” PKB

Sementara itu, dalam rapat dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kalsel dan mitra kerja lainnya, salah satu materi yang dibahas adalah tentang upaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) termasuk dari sektor Pajak Air Permukaan (PAP) agar bisa lebih optimal.

PAP merupakan salah satu potensi besar untuk pendapatan asli daerah (PAD).
Agar PAP bisa diterapkan menyeluruh maka perlu komunikasi antara pemerintah daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota dengan para pengusaha.

Kegiatan ini sudah dilakukan di kabupaten Tanah Bumbu dimana dalam pertemuan tersebut Pemprov Kalsel melalui Bapenda dan Pemkab Tanbu melaksanakan sosialisasi secara persuasif kepada perusahaan-perusahaan agar dapat membayar kewajiban Pajak Air Permukaan.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kalsel Subhan Nor Yaumil menyatakan Pemprov Kalsel terus berusaha agar PAD Kalsel bisa terus ditingkatkan.

“Kita akan terus menggali potensi-potensi yang ada agar penerimaan daerah bisa terus meningkat,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Humas DPRD Kalsel
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.