PAD Masih Kecil, DPRD Balangan Minta Pemerintah Gali Pendapatan Daerah

0

PORSI keuangan daerah Balangan khususnya dalam hal pendapatan masih didominasi berasal dari royalti dan Dana Bagi Hasil (DBH), sedangkan pendapatan dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) masih kecil.

WAKIL Ketua II DPRD Balangan Hanil Tamjid menyampaikan, pihaknya terus mendorong pemerintah daerah bisa mengali pendapatan daerah baik itu PAD maupun pendapatan lainnya.

Karena menurut dia, pendapatan daerah yang berasal dari royalty dan DBH inikan tergantung dari hasil tambang dan mineral yang mana ini suatu saat akan berkurang atau habis.

BACA : AMAN Usulkan Perda Masyarakat Adat di Balangan

“Kita sekarang butuh terobosan atau inovasi untuk mengali sumber-sumber pendapatan, namun tetap jangan sampai membenani masyarakat,” bebernya.

Pendapatan daerah ini, menurut politisi PDI Perjuangan ini, bisa digali atau ditingkat salah satunya melalui sektor pariwisata.

Dirinya juga mengapresiasi adanya pihak swasta, atau masyarakat Kabupaten Balangan yang membuka usaha makanan atau tempat kunjungan dengan spot menarik dan tentu itu harus didukung pemerintah, agar adanya pemasukan bagi daerah.

“Pemberdayaan masyarakat, dan melibatkan pemodal juga penting, agar tujuan PAD khususnya tercapai serta Kabupaten Balangan semakin maju,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.