Lengkap! 9 Kelurahan di Banjarmasin Timur Telah Ditetapkan Jadi Kampung KB

0

DARI total kelurahan yang ada di Kecamatan Banjarmasin Timur yakni 9 kelurahan telah ditetapkan jadi Kampung Keluarga Berkualitas (KB).

HAL ini menyusul Kelurahan Pemurus Luar dan Banua Anyar diresmikan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina sebagai Kampung KB, Rabu (26/7/2023).

“Dengan dicanangkan kedua kelurahan ini, berarti secara keseluruhan kelurahan yang ada di Banjarmasin Timur telah selesai pelaksanaan program Kampung KB,” ucap Ibnu Sina kepada awak media.

“Ini yang terakhir, Pemurus Luar dan Banua Anyar di Kampung KB telah rampung pada tahun ini. Program ini merupakan salah satu inovasi dari Pemkot Banjarmasin bertujuan untuk meningkatkan kualitas kelurahan,” kata mantan anggota DPRD Kalsel ini.

Menurut Ibnu Sina, dalam model pembangunan pendekatan ini, program Kampung KB dapat dilaksanakan dengan mengangkat keunggulan setiap kampung. Termasuk, tata laksana administrasi kependudukan yang tertib.

BACA : Kampung KB ke-30 Dicanangkan, H Arifin Noor: Upaya Meningkatkan Kualitas SDM

“Pencanangan Kampung KB tersebut merupakan langkah awal dalam memberdayakan masyarakat, termasuk kader-kader KB, untuk memastikan capaian program itu dapat maksimal,” kata dia.

Dia menekankan agar partisipasi dan peran serta seluruh stakeholder sangat penting dalam menjalankan program Kampung KB ini.

“Menyusul isu nasional dalam menyelesaikan stunting harus ditangani secara cepat dan menyeluruh, maka tidak mungkin hanya satu sektor saja yang terlibat namun berbagai sektor harus ikut juga,” papar Ibnu Sina.

BACA JUGA : Kurangi Anak Kecanduan Game Online, Kampung Bermain Terus Digalakkan Pemkot Banjarmasin

Masih kata dia, dicanangkannya Kampung KB terakhir di Banjarmasin Timur, maka kualitas kehidupan masyarakat dapat meningkat. “Keberhasilan program ini juga diharapkan mampu mengurangi angka stunting dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan,” paparnya.

Amanat untuk membentuk Kampung KB ini berdasar Surat Edaran (SE) Mendagri Nomor 843.4/2879/SJ, tanggal 15 April 2020 diteken oleh Mendagri Muhammad Tito Karnavian. Hingga Juli 2023, di Kota Banjarmasin tercatat sudah ada 38 titik Kampung KB, termasuk penerapan program Sakali Talu; seperti pemberian akta kelahiran bagi anak yang baru lahir.

BACA JUGA : Bikin 20 Kampung Bermain Baiman di Banjarmasin Disuntik Dana Rp 50,5 Miliar

Sementara, di Banjarmasin Timur terdapat 9 kelurahan yakni Kuripan, Kebun Bunga, Pekapuran Raya, Sungai Bilu, Pemurus Luar, Pengambangan, Banua Anyar, Karang Mekar dan Sungai Lulut.(jejakrekam)

Penulis Ferry Oktavian
Editor Siti Nurdianti

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.