Paman Birin Gelontorkan Rp400 Juta untuk Pembangunan Kubah Mualim Syukur di Teluk Tiram

0

GUBERNUR Sahbirin Noor (Paman Birin) melakukan peletakan batu pertama pembangunan kubah KH Abdussyukur (Mualim Syukur) di Jalan Teluk Tiram Gang Mualimin Teluk Tiram Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin, Jumat (14/7/2023) 

PAMAN Birin membantu biaya pembangunan kubah sebesar Rp400 juta yang diserahkan langsung dan diterima H Abdurrahman Syukur, merupakan salah satu almarhum KH Abdussyukur.

Ia menyebutkan, mencintai dan memuliakan para ulama merupakan ibadah yang sudah menjadi keharusan, baik selagi mereka hidup maupun sudah meninggal dunia.

BACA JUGA: Berawal dari Kamuflase Anggaran, Dewan Sangsi Film JSS Bisa…

“Memuliakan para ulama yang sudah meninggal antara lain bisa dilakukan dengan menggelar kegiatan haul, atau menziarahi makamnya dan mendoakan mereka,” ucapnya.

Paman Birin dikenal dekat dengan ulama di Banua bahkan yang dari luar daerah. Kedekatan ini dapat dilihat dari bentuk bagai kegiatan keagamaan yang sering dihadirinya.

Paman Birin juga kerap kali mendatangi makam ulama disela-sela menjalankan tugasnya sebagai gubernur di luar daerah seperti di Jakarta, Surabaya dan kota-kota lainnya.

BACA JUGA: Malam Ramah Tamah Kemah Bela Negara, Paman Birin Ceritakan Sejarah Perjuangan Di Kalimantan Saat…

Peletakan batu pertama Kubah KH Abdussyukur berada di belakang Langgar Miftahussalam diisi dengan tausiah singkat Guru Supian Al-Banjari.

Makam KH Abdus Syukur (Mualim Syukur) sebelumnya berada di Jalan Teluk Tiram Darat, tepatnya di Masjid Jami Teluk Tiram, lalu dipindahkan pada 4 Mei 2023 lalu.

Muallim Syukur pernah mengecap pendidikan agama di Mekah kurang lebih 25 tahun. Selama itu, ia menuntut ilmu kepada banyak ulama di sana, salah satunya Sayyid Muhammad Amin Al Qutbi (Salah satu guru dari Syekh Muhammad Syarwani Abdan Bangil dan Abah Guru Sekumpul).

BACA JUGA: Buka O2SN SD/SMP se-Kalsel, Paman Birin: Bekal Anak Jadi Generasi Berkualitas, Berdaya Saing dan…

Sebelum meninggalkan lokasi, Paman Birin didampingi tokoh Banjarmasin Barat Widi Gunawan ini pun bersilaturahmi dengan tokoh dan masyarakat setempat yang menyambutnya dengan antusias.

Paman Birin pun sempat singgah di warung yang berada sekitar area makam, lalu memborong jualannya untuk dibagikan kepada masyarakat.

H Abdurrahman Syukur mengucapkan, terima kasih atas perhatian dan bantuan dana oleh Paman Birin terhadap pembangunan kubah orangtuanya itu. “Dengan bantuan ini, pembangunan kubah cepat selesai dan membuat peziarah nyaman berada di area makam,” imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.