Hanya 88 Bacaleg di Banjarbaru Penuhi Syarat, Sisanya 424 Berkas Dokumen Belum Lengkap

0

TOTAL bakal calon legislatif (bacaleg) yang diajukan 17 parpol kontestan Pemilu 2024 mencapai 424 berkas dokumen persyaratan, ternyata dari hasil verifikasi KPU Kota Banjarbaru mencatat hanya 88 orang yang memenuhi syarat (MS).

SISANYA, 336 berkas bacaleg dari 17 parpol itu dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS), sehingga masih diberikan tenggat waktu untuk segera memperbaiki dan melengkapinya.

“Berdasar hasil verifikasi administrasi persyaratan bacaleg anggota DPRD Kota Banjarbaru di Pemilu 2024, hanya 88  bacaleg yang MS,” ucap Ketua KPU Kota Banjarbaru, Rozy Maulana kepada jejakrekam.com, Rabu (5/7/2023).

Menurut Rozy, rata-rata berkas dokumen bacaleg yang belum memenuhi syarat itu terkait dokumen ijazah yang legalisir.

“Alasan BMS, kebanyakan ijazah asli yang diupload di Silon, harusnya fotokopi ijazah yang berlegalisir. Untuk perbaikan, tenggat input Silon maksimal 9 Juli 2023, setelah itu dilakukan verifikasi kembali,” pungkasnya.

BACA : Incar Jatah Pimpinan Dewan Kota, PPP Target 7 Kursi Pemilu 2024 di DPRD Banjarbaru

Dikonfirmasi terpisah, perihal pemberitahuan perbaikan berkas administrasi bacaleg yang BMS tersebut, Sekretaris DPC PDIP Kota Banjarbaru Windi Novianto mengakui untuk di parpolnya sendiri pun ada beberapa bacaleg yang statusnya masih BMS.

“Tetapi dari sekian persyaratan yang BMS sebenarnya sudah terpenuhi. Ada beberapa bacaleg yang nama di KTP berbeda dengan ijazah. Ini perihal penulisan marga di KTP. Dan perihal ketidak ketelitian penguploadan. Seperti contoh yang harusnya di-upload surat keterangan pengadilan ternyata terupload ijazah,” terang Windi.

BACA JUGA : Perebutkan 30 Kursi di DPRD Kota Banjarbaru, Pemilu 2024 Dibagi 4 Dapil

Meski begitu, dirinya mengatakan bahwa pengurus DPC PDI Perjuangan Banjarbaru segera mengimbau untuk melengkapi persyaratan.

“Kami dari pengurus parpol memang segera menghimbau untuk melengkapi persyaratan bagi yang belum lengkap,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.