Juarai Lomba Tingkat Provinsi Kalsel, Desa Murung Karangan Melaju ke Level Regional II Kalimantan-Sulawesi

0

DESA Murung Karangan, Kecamatan Muara Harus mengharumkan nama Kabupaten Tabalong. Dalam ajang Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalsel tahun 2023 keluar sebagai terbaik I gelaran Dinas Pemberdayaan Masyarakat  dan Desa Provinsi Kalsel.

DENGAN titel juara itu, Desa Murung Karangan akan mewakili Provinsi Kalsel ke level regional II mencakup Kalimantan dan Sulawesi dalam lomba desa/kelurahan 2023.

Desa Murung Karangan dengan mengoleksi 95 poin sukses mengalahkan pesaingnya; Desa Purwodadi (Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu) dan Desa Gambah Luar, Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) yang harus puas bertengger di peringkat terbaik II dan III.

Sementara, harapan I, harapan II dan harapan III dalam Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Kalsel 2023 ditempati Desa Indra Sari (Martapura, Kabupaten Banjar), Desa Bluru (Batu Ampar, Tanah Laut) dan Desa Tambalang, Sungai Pandan (Hulu Sungai Utara).

Pengumuman para pemenang Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Kalsel tertuang dalam SK Gubernur Kalsel Nomor 188.44/0620/KUM/2023, tanggal 27 Juni 2023 ditandatangani oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor di Banjarbaru.

BACA : Andalkan Layanan Publik Digital, Desa Murung Karangan Wakili Tabalong ke Lomba Desa Provinsi Kalsel

“Alhamdulillah, Desa Murung Karangan berhasil keluar sebagai juara atau terbaik I dalam Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Kalsel tahun 2023. Ini tentu kabar gembira yang kami terima dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Tabalong,” ucap Camat Muara Harus, Aditya Pula Nugraha kepada jejakrekam.com, Selasa (4/7/2023).

Menurutnya, proses panjang harus dilewati Desa Murung Karangan dalam mengikuti lomba dari tingkat kecamatan, kabupaten hingga ke level provinsi dengan serangkaian penilaian.

“Jelas, kalau bicara lomba desa/kelurahan tingkat regional II Kalimantan-Sulawesi jelas lebih ketat dibandingkan tingkat kabupaten dan provinsi,” kata Aditya.

Menurut dia, ada beberapa langkah yang akan disiapkan dalam menghadapi penilaian untuk bisa meraih terbaik dalam tingkat regional.

BACA JUGA : Masuki Tahap Pemaparan, Kades Murung Karangan Akan Sampaikan Paparan Di Hadapan Tim Penilai Lomba Desa Provinsi

“Langkah itu mencakup menyiapkan kembali penilaian administrasi tingkat regional. Dalam hal ini, kami akan mengumpulkan dan mengupload berkas penilaian administrasi sesuai daftar dan indikator yang diminta tim penilai,” imbuh Aditya.

Tak ingin berpuas hati, Camat Muara Harus mengatakan hasil penilaan dari lomba tingkat provinsi juga akan dievaluasi untuk penyempurnaan.

“Apa yang menjadi masukan dan kritikan dari tim penilai tingkat provinsi akan kami lengkapi dan benahi,” kata Aditya.

BACA JUGA: Berkat Desa Wisata Padang Panjang, Bupati Tabalong Sabet Penghargaan Menteri Desa PDTT

Masih kata dia, beberapa kekurangan yang terdapat di Desa Murung Karangan akan lebih ditingkatkan lagi. Termasuk, berkordinasi dengan pihak atau SKPD terkait terhadap dukungan pelaksanaan di beberapa sektor yang dapat menunjang penilaian di level regional.

“Kami juga akan menjadwalkan kembali pembinaan ke desa khususnya dalam mempersiapkan pelaksanaan klarifikasi lapangan,” beber Aditya.

Dirinya berharap agar Desa Murung Karangan dapat kembali terpilih untuk mewakili regional III ini guna mengikuti lomba yang sama di tingkat lebih tinggi berskala nasional.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.