Akses Lalu Lintas Jembatan Sei Maluka Ditutup Hinggga 24 Juli, Ini Jalur Alternatif Pelaihari-Banjarmasin

0

AKSES lalu lintas dari Banjarmasin-Pelahari melalui Jembatan Sei Maluka di Desa Pandahan, Kecamatan Bati-Bati, Kabupaten Tanah Laut ditutup sementara.

PENUTUPAN jembatan untuk akses pengendara ini dikarenakan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Kalimantan Selatan (Kementerian PUPR) tengah melakukan perbaikan atau rehab total jembatan jagung yang dikenal masyarakat selama ini.

Pengumuman penutupan jalan berlangsung sejak 4 Juli hingga 24 Juli 2023, sehingga rute lalu lintas Pelaihari-Banjarmasin dialihkan melalui wilayah Kota Banjarmasin.

“Bagi kawan-kawan yang ingin ke Pelaihari agar mengetahui informasi ini. Sebab, Jembatan Sei Maluka atau Jembatan Jagung itu kabarnya diperbaiki bagian lantai dan kerangka besi oleh BPJN Kalsel, sehingga ditutup total sementara waktu ini,” ucap Akhmad Zairin, warga Banjarmasin saat melintas di kawasan itu kepada jejakrekam.com, Selasa (4/7/2023).

BACA : Pemkab Tanbu Ambil Langkah dan Upaya Serius Perbaikan Kerusakan Jalan Nasional Km 171

Menurut dia, jika ingin ke Pelaihari melalui Banjarmasin atau sebaliknya bisa melewati ruas jalan di Banjarbaru terus ke Bentok atau sebaliknya.

Pengumuman penutupan jembatan ini juga dipasang pihak pelaksana persis di muara jalan arah Trikota, Banjarbaru.

Rute bagi pengendara yang bergerak dari arah Banarmasin dapat menelusuri ruas jalan arah Trikora atau belok kiri ke simpang empat SPBU Liang Anggang, arah Pelaihari. Kemudian, bisa memasuki arah ke Kecamatan Palm (kawasan wisata Amanah Borneo Park) yang tembus ke poros jalur Cempaka.

BACA JUGA : Gol! Anggaran Pembangunan Akses Jalan Bandara Syamsudin Noor di Banjarbaru Dikucurkan Rp 462 Miliar

Kemudian berbelok ke arah Desa Banyuirang, Kecamatan Bati-Bati. Atau dapat melalui jalur alternatif dari simpang tiga Banyuirang ke Desa Tambang Ulang, Kecamatan Tambang Ulang. Akses jalan lainnya bisa melalui poros Jalan H Mistar Cokrokusumo melintasi depan kantor Camat Bati-Bati.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalsel, Ahmad Solhan membenarkan adanya penutupan akses lalu lintas di Jembatan Sei Maluka.

“Ya, ada proyek rehab total yang dikerjakan pjhak Balai Pelaksana Jalan Nasional Kalsel. Itu proyek nasional dari Kementerian PUPR,” ucap Solhan kepada jejakrekam.com, Selasa (4/7/2023).

Untuk diketahui, berdasar data dari laman lpse.pu.go.id, pada 2022 lalu, Kementerian PUPR sudah melelang tender proyek perencanaan teknik rehabilitasi Jembatan Sei Maluka dengan pagu anggaran Rp 1,5 miliar lebih bersumber dari APBN 2022.

Proyek perencanaan dan pengawasan ini dimenangkan perusahaan konsultan; PT Widya Daya Bandaran Banjarmasin dengan nilai kontrak Rp 1,2 miliar lebih.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/07/04/akses-lalu-lintas-jembatan-sei-maluka-ditutup-hinggga-24-juli-ini-jalur-alternatif-pelaihari-banjarmasin/
Penulis Asyikin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.