5 Komisioner KPU Kalsel Dilantik Ketua KPU RI, Andi Tenri Sompa Ditunjuk Jadi Ketua Secara Aklamasi

0

BERSAMA 19 provinsi lainnya, lima komisioner KPUD Kalimantan Selatan periode 2023-2028 dilantik Ketua KPU RI Hasyim As’ari di Jakarta, Rabu (24/5/2023).

SELAIN Kalsel, berbarengan komisioner KPU provinsi yang dilantik adalah KPU Bengkulu, Jambi, Sumatera Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta , Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Papua Tengah, Papua Selatan, Papua Pegunungan, serta Papua Barat Daya.

Komisioner yang dilantik adalah yang terpilih usai mengikuti proses seleksi yang cukup panjang. Dimulai dari proses di daerah melalui tes administrasi, CAT, kesehatan, psikotes, wawancara hingga uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) secara nasional.

BACA: Kans Andi Tenri Sompa Terpilih Jadi Ketua KPU Kalsel Terbuka Lebar?

Lima komisioner KPUD Kalsel yang dilantik adalah  Andi Tenri Sompa (akademisi FISIP Universitas Lambung Mangkurat), Arif Mukhyar (Ketua KPU Tanah Laut), M Fahmi Failosofa (anggota Bawaslu Tabalong), Nida Guslaili Rahmadina (Ketua KPU Hulu Sungai Selatan) serta Riza Anshari (anggota KPU Hulu Sungai Utara).

Usai dilantik, Andi Tenri Sompa kepada jejakrekam.com mengatakan, kelima komisioner KPU Kalsel sudah melakukan rapat pleno untuk memilih ketua dan menyusun divisi-divisi. 

“Dari hasil pleno itu, maka saya secara aklamasi ditunjuk sebagai Ketua KPU Kalsel sekaligus merangkap Ketua Divisi Keuangan, Umum dan Logistik, serta juga Wakil Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan,” ujarnya.

BACA JUGA: Tanpa Petahana, Ada 2 Komisioner Perempuan, Ini 5 Anggota KPU Kalsel Terpilih Periode 2023-2028

Sedangkan ke empat koleganya, Nida Guslaili Rahmadina sebagai Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu serta juga Wakil Ketua Divisi Sosialisasi , Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM. M Fahmi Failasopa sebagai Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM serta juga Wakil Ketua Divisi Perencanaan,  Data dan Informasi.

Kemudian,  Reza Anshari sebagai Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan serta juga Wakil Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu.  Arif Mukhyar sebagai Ketua  Divisi Perencanaan , Data dan Informasi serta juga Wakil Ketua Divisi Keuangan Umum dan Logistik.

“Saya berterima kasih kepada teman-teman yang mempercayai saya sebagai Ketua KPU Kalsel Periode 2023-2028. Selanjutnya kami  akan menjalin koordinasi sesama anggota untuk menyiapkan penyelenggaraan pemilu yang lebih baik di Kalimantan Selatan,” ucapnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.