225 Usulan Bedah Rumah Tak Layak Huni Mengantri, 38 Dalam Pengerjaan

0

PROGRAM bantuan untuk rumah tidak layak huni (Rutilahu) di 2023 kini telah berjalan. Sebanyak 38 rumah telah dijadwalkan untuk diperbaiki oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banjarmasin.

WALIKOTA Banjarmasin H Ibnu Sina secara langsung meresmikan Program Rehabilitasi Sosial Rutilahu, yang akan menyasar 38 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Banjarmasin.

Launching bantuan ini dilaksanakan di Jalan Kuin Utara, RT 05, RW 01, Kelurahan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara, yang secara simbolis diberikan di rumah salah satu KPM, yakni Ibu Hamidah, Selasa (27/6/2023).

BACA: Ada Usulan 225 Usulan Terbanyak di Barat dan Selatan, Dinsos Banjarmasin Segera Garap Renovasi

“Semoga bantuan ini dapat bermanfaat untuk memberikan rumah yang layak huni, disamping juga untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, juga dapat mengentaskan kemiskinan,” ucap H Ibnu Sina.

Disebutkan, bantuan Rutilahu ini telah dilakukan sejak 2019 lalu, dan hingga sekarang ada sebanyak 379 unit rumah yang telah diperbaiki.

Dijelaskan, perbaikan dari bantuan rutilahu ini memang tidak bisa cepat untuk bisa dikerjakan. “Karena memang harus diusulkan satu tahun lebih dahulu, sebab ini berasal dari dana hibah,” bebernya.

BACA JUGA: Ada 83 Warga Dapat RS Rutilahu, Walikota Target Bedah Rumah Tak Layak Huni

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banjarmasin Dolly Syahbana menuturkan, sebenarnya ada 46 unit rumah yang dianggarkan pada tahun ini. Namun karena beberapa hal, seperti ada yang sudah diperbaiki sendiri ataupun dijual rumahnya sebelum waktu perbaikannya, maka hanya 38 unit rumah saja yang akan mendapatkan perbaikan dari program bedah rumah ini.

“Kemudahan untuk di 2024 ada usulan sebanyak 225 unit rumah, yang sudah di verifikasi,” ujarnya.

Dijelaskannya juga, sistem pemberian bantuan ini adalah swakelola, dimana akan ada kelompok masyarakat untuk membantu memperbaiki rumah mereka. “Nantinya bantuan per unitnya mendapat Rp 25 juta, dalam jangka pengerjaan satu bulan,” ucapnya.

Dan nantinya jika telah selesai seluruhnya, akan diresmikan secara bersamaan ke 38 rumah yang telah diperbaiki ini.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.