Pertanyakan Kinerja Perseroda, DPRD Balangan Gelar Rapat Kerja dengan PT Asabaru Daya Cipta Lestari

0

DPRD Balangan menggelar rapat kerja (raker) dengan Perusahaan Perseroan Daerah (Perseroda) PT Asabaru Daya Cipta Lestari.

LEWAT raker tersebut DPRD Balangan ingin mengetahui apa saja yang telah dilakukan Perseroda PT Asabaru Daya Cipta Lestari sejak menerima penyertaan modal dari Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan pada 2022 lalu sebesar Rp 20 miliar.

Wakil Ketua Komisi I  DPRD Balangan, Rusdi mengatakan pertemuan ini dilakukan untuk sharing demi kemajuan dan membangun  Perseroda PT Asabaru untuk kepentingan masyarakat.

BACA : Inovasi Bapinanduan, Permudah Masyarakat Akses Informasi Pimpinan dan Anggota DPRD Balangan

“Kami DPRD Balangan ingin tahu, dari modal yang telah dikucurkan digunakan untuk apa saja termasuk aset yang telah dimiliki,’’ ujarnya disela raker, Senin (19/06/2023).

Dari enam bidang program yang dimiliki oleh Perseroda Asabaru, kata Rusdi, sektor perkebunan dalam hal ini upaya menaikkan harga karet di masyarakat menjadi program pertama yang dijalankan.

Rusdi mengatakan perlu adanya kinerja nyata dari Perseroda, misalnya dengan pembelian karet dengan harga yang lebih tinggi dari pengepul.

“Membuka pos pembelian di beberapa tempat agar petani karet mudah untuk menjual ke Perseroda dengan harga yang lebih tinggi, namun tidak mematikan pengepul bahkan pengepul bisa bekerjasama dengan Perseroda,” ujarnya.

BACA JUGA : DPRD Balangan Minta Kesejahteraan Pekerja dan Buruh Harus Diperhatikan

Rusdi juga mempertanyakan mengenai personalia atau anggota direksi yang ada di PT Asabaru saat ini sudah berjumlah berapa orang.

“Besaran operasional yang rutin digunakan oleh perusahaan saat ini juga berapa, untuk mengetahui kebutuhan yang dibutuhkan perusahaan dalam menjalankan program kerjanya,” ujarnya.

Terpisah, Dirut PT Asabaru Reza Arpiansyah mengatakan saat ini untuk pembelian karet sudah dilaksanakan di Desa Tundi Kecamatan Awayan, dan diakuinya memang belum lama dilaksanakan.

Untuk penggunaan anggaran salahsatunya adalah pengadaan aset dengan pembelian lahan di Kecamatan Batumandi sebesar Rp 4 miliar. Ditambah dengan adanya  rehabilitasi kantor PT Asabaru.

“Untuk  program kedepan rencananya akan mengembangkan bidang pariwisata dan pertambangan,” ujarnya.

BACA LAGI : Ketua DPRD Balangan Harapkan Dengan Rotasi Pejabat, Kinerja Pemerintahan Makin Baik

Ketua Komisii III Hafiz Anshari menambahkan, pertemuan ini diharapkan bisa ada catatan agar pertemuan selanjutnnya bisa saling terbuka dengan data. Mengingat saat pertemuan pertama ini dari Perseroda belum mempersiapkan data yang dimiliki perusahaan.

Hafiz menambahkan saat ini di tengah masyarakat sudah mulai menjadi perbincangan adanya pembelian karet milik petani karet. Dan program tersebut bahkan baru saja muncul beberapa hari terakhir, untuk kejelasan program tersebut juga perlu adanya penjelasan.

“Apakah kedepan akan bekerjasama dengan BUMDes atau seperti apa penerapannya di masyarakat,” ujarnya.

Rapat kerja yang dipimpin oleh Ketua  DPRD Balangan Ahsani Fauzan, Wakil Ketua  DPRD Balangan M Ifdali dan beberapa anggota DPRD lainnya. Dari PT Asabaru dihadiri oleh empat orang termasuk direktur utama.

Pertemuan dengan PT Asabaru ini merupakan agenda pertama dimana nantinya akan ada pertemuan lanjutan dan berharap dari pihak Perseroda mempersiapkan data yang dibutuhkan sehingga adanya trasnparansi baik dari penggunaan anggaran serta kemajuan program yang dilaksanakan.(jejakrekam)

Pencarian populer:PT Asabaru Daya Cipta Lestari
Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.