Hadirkan Inovasi di Tengah Masyarakat, Polres Barito Utara Kukuhkan 60 Polisi RW

0

POLRES Polres Barito Utara gelar apel ketua satuan keamanan lingkungan dan pengukuhan polisi rukun warga (RW) dipimpin Kapolres Barito Utara, AKBP Gede Pasek Muliadnyana.

APEL gabungan diikuti peserta dari Kodim 1013/Muara Teweh, Satpol Kabupaten Barito Utara dan satuan lainnya di halaman Mapolres Barito Utara, Jalan Kapten Piere Tendean, Kelurahan Melayu, Muara Teweh, Rabu (21/6/2023).

Kapolres Barito Utara, AKBP Gede Pasek Muliadnyana menjelaskan pengukuhan polisi RW ini sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan dan memiliki tujuan dalam pengamanan di lingkup kerja yang telah ditetapkan.

Dia menjelaskan penerapan polisi RW tidak lain guna mencegah kejahatan dan kriminal serta mengembangkan inovasi lingkungan masyarakat di lingkup terkecil RW. “Paling khusus, kita sebagai anggota Polri yang tinggal di RT dan RW atau di kecamatan dikenal oleh masyarakat,’’ kata Gede Pasek Muliadnyana.

BACA : Lulus SIP Angkatan 50, Perwira Pertama Polisi Polda Kalsel Bantu Anak Yatim Piatu

Menurutnya, polisi RW dapat mengembangkan inovasi yang ada dalam masyarakat demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Misalnya, ada masyarakat yang membutuhkan bantuan problem solving terkait kamtibmas serta membantu masyarakat dalam segala hal guna mendekatkan Polri dengan masyarakat.

“Polisi RW merupakan program yang dijalankan dan dibentuk oleh Mabes Polri. Untuk Barito Utara, minimal 30 persen kehadiran polisi RW. Namun untuk wilayah Barito Utara, telah dibentuk 60 polisi RW dari 80 RW yang ada,” papar perwira menengah Polda Kalteng ini.

Harapannya, menurut Muliadnyana, dengan dibentuknya polisi RW dapat mendeteksi persoalan terkecil di tengah masyarakat, demi menjaga sistem keamanan dan ketertiban lingkungan.

BACA JUGA : Wakapolres Barito Utara Jaring Aspirasi Warga Lewat Jumat Curhat

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Barito Utara, Muhlis menambahkan bahwa pemerintah daerah mendukung penuh kegiatan pembentukan polisi RW dalam rangka menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif dalam wilayah kerja.

“Seiring dengan meningkatkan pembangunan harapan kamtibmas dapat terjaga dan situasi tetap kondusip,” imbuh Mukhlis.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.