Bantah Konferwil IX Dibekukan, Hasib Sebut Masa Jabatan Ketua NU Kalsel Diperpanjang PBNU

0

SPEKULASI liar terkait dengan penundaan Konferensi Wilayah (Konferwil) IX Nahdlatul Ulama (NU) Kalsel di Ponpes Rakha Amuntai pada 8-11 Juni 2023, membuat KH Abdul Hasib Salim, kembali angkat bicara.

“TIDAK benar jika Konferwil IX NU Kalsel itu dibekukan seperti kabar yang berkembang belakangan ini. Yang benar adalah ditunda oleh PBNU. Untuk kelanjutannya, yang berhak menjawab adalah PBNU, kewenangan ada di tangan mereka,” kata Ketua PWNU Kalsel, KH Abdul Hasib Salim kepada jejakrekam.com, Senin (12/6/2023).

Dia menegaskan Konferwil NU ke-9 itu bukan dibekukan, sehingga memunculkan salah persepsi khususnya di kalangan warga Nahdliyin dan publik, umumnya.

“Saya tegaskan kembali, Konferwil IX NU Kalsel itu bukan dibekukan, hanya ditunda,” ucap Hasib.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kalsel ini menceritakan awalnya pelaksanaan Konferwil IX NU Kalsel dihelat pada bulan Ramadhan 1444 Hijriyah, ternyata terbentur agenda Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staqut (Gus Yahya).

BACA : Ditunjuk PBNU, KH Hasib Salim Resmi Nakhodai PWNU Kalsel

“Saat itu, kami diundang oleh PBNU untuk perkawinan dari keluarga besar Gus Yaqut di Ponpes Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang, sekaligus halal bihalal di UIN Walisongo, Semarang. Akhirnya, Konferwil IX NU Kalsel dijadwalkan ditunda setelah bulan puasa,” beber Hasib.

Sebelum adanya penundaan Konferwil IX NU Kalsel di Ponpes Rakha Amuntai, Hasib mengungkapkan berdasar rapat pleno PBNU dirinya tetap ditunjuk sebagai Ketua PWNU Kalsel periode 2021-2023.

“Sebenarnya, masa jabatan saya sebagai Ketua Tanfidziyah PWNU Kalsel harusnya berakhir sebelum konferwil digelar, namun PBNU memperpanjang masa jabatan. Kalau tidak diperpanjang, nanti siapa yang bertanggung jawab atas pelaksanaan konferwil,” kata Ketua Harian Yayasan Ponpes Rakha Amuntai ini.

BACA JUGA Kantongi SHM, NU Berencana Bangun Gedung Representatif di Jalan Hasanuddin Banjarmasin

Hasib menyebut ada hal yang prinsip yang telah dilanggar dalam Konferwil IX NU Kalsel, sehingga akhirnya ditunda oleh PBNU. “Mengingat, konferwil NU Kalsel ditunda dan belum terlaksana, jadi bukan dibekukan maka kepemimpinan saya tetap jalan sebagai Ketua PWNU Kalsel,” tegas Hasib.

Untuk diketahui, jika keputusan pembekuan diambil oleh PBNU, otomatis induk ormas Islam berpusat di Jakarta itu akan menunjuk caretaker ketua yang dipilih dari pengurus pusat atau wilayah guna mempersiapkan suksesi di NU Kalsel. Hal ini termaktub dalam AD/ART NU Keputusan Muktamar ke-34 di Lampung.

Meski agenda utama Konferwil IX NU Kalsel seperti pemilihan Rais Syuriah dengan sistem Ahwa dan Ketua Tanfidziyah NU Kalsel ditunda oleh utusan PBNU, ternyata acara seperti Festival Maulid Alhabsyi, Musabaqah Qiratul Kutub (MQK) telah berlangsung hingga babak final di panggung utama.

BACA JUGA : Terbelah Jadi 2 Kubu, Syaifullah Tamliha Siap Ikuti Permainan Di Balik Tertundanya Konferwil NU Kalsel

“Yang dibatalkan atau dihentikan itu hanya sidang pleno komisi dalam Konferwil IX NU Kalsel. Sebab, ada aturan dan prosedur yang tidak terpenuhi,” ucap Sekretaris PWNU Kalsel, Berry Nahdian Forqan.

Menurut Berry, keputusan yang diambil oleh Ketua PBNU Prof Dr Mohammad Mukri sebagai utusan dari Ketua Umum PBNU Gus Yahya patut ditaati.

“Kami tegak lurus dengan perintah PBNU. Kami menunggu kepastian kapan kelanjutan Konferwil IX NU Kalsel ini akan diputuskan olehg PBNU,” kata Sekretaris DPD PDIP Kalsel ini.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/06/12/bantah-konferwil-ix-dibekukan-hasib-sebut-masa-jabatan-ketua-nu-kalsel-diperpanjang-pbnu/
Penulis Asyikin/Hery Yusminda
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.