Masalah Insfratruktur Paling Banyak Dikeluhkan Dalam Aplikasi SP4N LAPOR!

0

BERHASIL raih predikat terbaik dalam tanggap aduan masyarakat, aplikasi SP4N LAPOR! paling banyak mendapatkan keluhan dari bidang insfratruktur, disusul masalah parkir dan sampah.

SEBELUMNYA, Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin telah meraih predikat terbaik dalam menanggapi aduan masyarakat melalui aplikasi SP4N LAPOR!. Dimana lebih dari 800 aspirasi masyarakat yang telah berhasil ditanggapi Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banjarmasin, sebagai lembaga yang dipercayakan mengelola SP4N LAPOR! ini.

Kepala Diskominfotik Kota Banjarmasin Windiasti Kartika mengungkapkan, dari seluruh laporan yang masuk itu, sebagian besarnya adalah keluhan masyarakat terkait insfratruktur yang tertuju pada Dinas PUPR. “Seperti jalan rusak, jembatan, drainase, lalu bangunan. Kemudian disusul aduan kepada Dishub, terkait masalah parkir liar, dan DLH dengan persoalan sampahnya,” ujarnya saat ditemui di kantor, Rabu (10/5/2023).

BACA: Berhasil Kelola Ratusan Laporan Dan Aspirasi Masyarakat, SP4N LAPOR! Raih Predikat Terbaik Tanggap Aduan

Ketiga dinas itu, menurut Windi adalah yang paling banyak mendapatkan aduan dan laporan dari masyarakat melalui aplikasi SP4N LAPOR!. Lebih lanjutnya dijelaskan, bahwa laporan yang masuk ini sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) akan langsung diteruskan kepada dinas terkait yang mendapatkan aduan.

“Kalau memang aduan ini memerlukan waktu pengerjaan yang lebih lama itu tidak masalah, yang pasti kita menghitungnya itu dari SKPD itu sudah merespon laporan itu,” terangnya.

Pada intinya, dalam SP4N LAPOR! ini adalah untuk menjawab pertanyaan yang ada masyarakat bagaimama tindak lanjut dari laporan yang masuk. “Semisal dalam perbaikan infrastruktur, kita sudah memberi jawaban pada masyarakat dan sudah memberi keyakinan pada mereka untuk segera diperbaiki,” jelasnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.