Pj Ketua TP PKK Batola Suharyanti, Ajak Pemberdayaan Keluarga

0

PERTEMUAN rutin 4 bulanan, Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan yang diketuai oleh Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor dengan seluruh Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota, berlangsung pada Jumat (5/5/2023).

BERTEMPAT di Gedung Serba Guna Marabahan, menyejikan berbagai aneka kue dari setiap Kecamatan di Barito Kuala. Ditambah dengan pojok pemeriksaan kesehatan oleh Dinkes, serta display produk UMKM ‘Purun Tikus’ andalan Kabupaten Barito Kuala.

Suharyanti Pj Ketua TP PKK Barito Kuala mengatakan, pertemuan ini adalah momen untuk mempererat hubungan silahturahmi persaudaran dan bertukar informasi. Serta secara langsung mengajak ke seluruh tamu undangan untuk kembali datang menikmati potensi wisata yang ada di Barito Kuala.

BACA: Pj Ketua TP PKK Barito Kuala, Buka Pasar Murah Ramadhan Di 17 Kecamatan

Suharyanti mengajak gerakan PKK kembali pada ruh-nya. “PKK sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga. Karena keluargalah yang harus menjadi fokus perhatian kita. Keluarga yang juga harus kita berdayakan, karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat,” pungkasnya.

Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor melalui arahannya menjelaskan, gerakan PKK adalah tugas mulia untuk membantu pembangunan desa, ketahanan pangan keluarga dan mencapai kesejahteraan keluarga.

“Saya minta para ketua TP PKK Se-Kalimantan Selatan agar secara rutin melakukan pembinaan, monitoring dan evaluasi se-tingkat di bawahnya, kabupaten ke kecamatan, kecamatan ke keluarahan, lanjut ke desa maupun RT,” ucapnya.

BACA JUGA: Lomba Masak Serba Ikan, Pemkab Batola Ajak Masak Ikan Untuk Atasi Stunting

Istri Gubernur Kalsel ini juga mengingatkan, untuk pengaktifan bank sampah di Kalimantan Selatan. “Tolong aktifkan kembali bank-bank sampah yang ada di wilayah bapak ibu semua, agar dilakukan lagi upaya pelesatarian lingkungan. Karena lingkungan yang asri mampu menyerap karbondioksida dan penguatan ketahanan pangan,” ujarnya.

Ketua TP PKK Prov Kalsel Hj Raudatul Jannah mengatakan, isu kedepan adalah krisis pangan, sehingga ketahanan pangan tidak boleh putus. Dia juga menghimbau untuk memanfaatkan menanam tanaman dan pohon di pekarangan rumah.

Ditambahkan Raudatul Jannah, amal jariyah juga bisa didapat melalui menanam pohon. “Saya mendengar ceramah bahwa dengan menanam pohon hasilnya dinikmati oleh lingkungan sekitar, seperti hewan yang memakan hasil buahnya maupun semut yang merayap di pohon itu, oleh karena itu mari kita tanam pohon dan tumbuhkan ketahanan pangan keluarga,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.