Sekda Ambo Sakka Lepas Peserta Pawai Tonglong di Tanbu

0

PULUHAN peserta pawai tanglong warnai perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).

“MINAL Aidin Wal Faidzin, Taqabbalallahu Minna Waminkum, Insya Allah,” ucap Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar melalui Sekretaris Daerah (Sekda) H Ambo Sakka saat memberikan sambutan pelepasan peserta pawai tanglong di halaman  Masjid Agung Al Fallah, Jumat (21/4/2023) malam.

BACA JUGA: Sekda Tanbu Hadiri Deklarasi Desa Open Defecation Free

Ia mengharapkan para peserta saat melaksanakan pawai agar dapat tertib dari awal pelaksanaan hingga selesai acara, serta selalu mengutamakan keselamatan sendiri dan orang lain.

Pelaksanaan Festival Tanglong, sambungnya, sebagai sarana silaturahim sekaligus menyambut kegembiraan umat Islam setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa.

“Kita berdoa kepada Allah SWT, semoga kita semua termasuk menjadi golongan yang dijanjikan oleh Allah sebagaimana QS al-Baqarah ayat 183, La ‘allakum tattaqun,” sebut Ambo Sakka.

BACA JUGA: Tutup Orientasi PPPK, Sekda Tanbu : Tingkatkan Kompetensi, Skill, dan Attitude

Kepala Bagian Kesra Sekretariat Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) Akhmad Rozain,  mengungkapkan, Festival Tanglong merupakan kegiatan rutin tahunan diadakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 2023.

“Kegiatan digelar dalam rangka meningkatkan kualitas keimanan dan syiar Islam agar semakin bertambah,” beber Rozain, yang juga ketua pelaksana kegiatan.

Menurutnya, kegiatan ini upaya melestarikan tradisi terdahulu dan budaya Islam serta sebagai tanda perwujudan dalam kemajuan syiar Islam di Bumi Nusantara.

BACA JUGA: Jelang Nataru, Sekda Tanbu Monitoring Ketersediaan Pangan

Festival Tanglong dibagi menjadi dua kategori, yakni untuk SKPD dan Umum. Selain itu, tempat pelaksanaan juga dibagi menjadi dua lokasi, yakni di Kecamatan Kusan Hilir dan Simpang Empat.

“Alhamdulillah berdasarkan catatan terakhir, jumlah peserta kategori SKPD yang mengikuti kegiatan ini ada sebanyak 37 peserta, kemudian untuk Umum ada sebanyak 11 peserta,” ujarnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih ke unsur terkait TNI-Polri dan pihak lainnya yang berpartisipasi dalam mengamankan dan menyukseskan Festival Tanglong di Bumi Bersujud.

BACA JUGA: Sekda Tanbu Hadiri Peringatan HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional

“Mudah-mudahan acara ini berlangsung dengan baik nantinya,” tandasnya.

Tampak masyarakat memadati area sekitar Masjid Agung Al-Falah untuk melihat jalannya puluhan kendaraan hias bernuansa Islami tersebut.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota DPRD Tanbu, Forkopimda, Pimpinan SKPD, Camat, Komite Percepatan Pembangunan Daerah, alim ulama, tokoh agama dan tokoh masyarakat. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.