Tanda Tanya Besar, Kenapa MPP Banjarmasin Tak Bisa Terealisasi di Mitra Plaza, Ada Apa?

0

SUDAH digelontorkan dana cukup gede guna memuluskan pembangunan Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Banjarmasin di Mitra Plaza, Jalan Pangeran Antasari, kok tiba-tiba angin berubah. Ada apa?

USUT punya usut, bangunan bekas plaza atau pusat perbelanjaan di jantung kota Banjarmasin itu masih dalam penguasaan pihak ketiga; PT Kharisma Inti Mitra (KIM) di bawah bendera Mitra Group dengan status hak guna bangunan (HGB) di atas hak pengelolaan alias pinjam pakai.

Lahan bekas Pasar Gembira akhirnya dikerjasamakan dengan PT KIM diwakili H Aris di era Walikotamadya Banjarmasin Kamaruddin periode 1978-1984. Kesepakatan diambil pada 30 Desember 1981 antara Pemkot Banjarmasin dengan PT KIM berdurasi 37 tahun.

Kompensasinya, PT KIM membayar kontribusi Rp 500 juta, plus menyiapkan lahan pengganti untuk pembangunan Pusat Perbelanjaan Pangeran Antasari (P3A) di Jalan Jati, ketika itu sebelumnya akhir berubah menjadi Sentra Antasari.

BACA : Selesai Desember 2022, Walikota Ibnu Sina Yakin Mall Pelayanan Publik di Mitra Plaza Beroperasi 2023

Perencanaan untuk membangun MPP dengan 30 galeri layanan layanan sudah lama digagas sejak 2019, hingga di APBD Banjarmasin tahun 2021 sempat dikucurkan dana Rp 1,3 miliar.

Ternyata rencana itu hanya di atas kertas. Hingga, gagasan MPP di Mitra Plaza kembali mengemuka usai dialokasikan lagi anggaran segede Rp 4,45 miliar dalam APBD Banjarmasin 2023. Lagi-lagi, kabarnya, belum ada ‘titik temu’ dengan PT KIM, hingga impian punya MPP seakan buyar.

BACA JUGA : Izin HGB Berakhir Juni 2022, Mitra Plaza Bakal Diambilalih Pemkot Banjarmasin

Hingga memunculkan opsi baru. Gedung MPP dialihkan ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin, Jalan Sultan Adam, dengan 22 gerai layanan publik, termasuk dari instansi vertikal.

Opsi ini diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Suri Sudarmadiyah.

BACA JUGA : Desak Dilelang dan Buka Data, HMI Banjarmasin Pertanyakan Kelanjutan HGB Mitra Plaza

“Kalau di Disdukcapil Banjarmasin, lokasinya strategis dalam peningkatan layanan publik, khususnya dinas atau instansi pengampu,” kata Suri Sudarmadiyah kepada awak media, Senin (30/1/2023).

Mengenai opsi MPP di Disdukcapil Banjarmasin, Yayah-sapaan akrab mantan pejabat Pemprov Kalsel ini mengakui keputusan bersama di lingkungan pemerintah kota, khususnya instansi terkait.(jejakrekam)

Penulis Fery Oktavian
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.