Sabet Penghargaan PPKM Award Dan Penanganan Covid-19, Bupati Tabalong: Kuncinya Sinergitas Semua Elemen

0

TERBAIK dalam penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dalam penanganan covid-19, Pemerintah Kabupaten Tabalong dianugerahi penghargaan PPKM Award dan terbaik I dalam penanganan covid-19 untuk regional Kalimantan.

PENGHARGAAN ini diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo kepada Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, yang bertempat di Gedung Dhanapala, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2023) lalu.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani ketika dikonfirmasi belum lama tadi membenarkan, bahwa Tabalong berhasil meraih Penghargaan PPKM Award dan menjadi kabupaten/kota berkinerja terbaik 1 dalam penanganan covid -19 untuk wilayah/regional Kalimantan.

BACA: Capaian Vaksinasi Lansia Penuhi Target, PPKM Tabalong Turun ke Level 1

“Keberhasilan tersebut adalah merupakan kerja keras pemerintah kabupaten dan elemen masyarakat, dalam mendukung kebijakan PPKM Darurat,” ujarnya.

Menurut Bupati Anang untuk mencapai keberhasilan tersebut diperlukan beberapa tindakan yang menjadi kunci keberhasilan dalam penerapan PPKM Darurat.

Di antaranya, menggandeng semua elemen masyarakat dari tingkat bawah, mulai RT, RW agar secara bersama -sama berperan aktif, termasuk deteksi dan antisipasi dini, dengan berkoordinasi secara berjenjang antara camat dan stakeholder terkait.

“Selain itu, Pemkab Tabalong juga telah memiliki rumah sakit yang kita alokasikan khusus untuk penanganan covid-19. Hal ini berdampak terhadap minimnya angka kematian, dan meningkatnya angka kesembuhan,” ujar Bupati Tabalong.

BACA JUGA: Jelang Lebaran Idul Fitri, PPKM Kabupaten Tabalong Turun ke Level 1

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya menyampaikan pesan dari Dirjen WHO. Bahwa penanganan covid-19 di Indonesia termasuk yang terbaik, dan cakupan vaksinasinya juga termasuk yang terbaik.

“Upaya penanganan ini menjadi keberhasilan kita dalam menekan angka penularan, kita juga berhasil menekan angka kematian dan juga berhasil menjaga stabilitas dan pertumbuhan ekonomi dan keberhasilan ini adalah kerja keras dari komponen Bangsa,” tegasnya.

Presiden Joko Widodo memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh tenaga kesehatan, para petugas, para relawan yang telah gugur dalam menjalani tugas penanganan covid-19. “Pengabdian ini terus kita lanjutkan dengan memecahkan berbagai masalah-masalah kemanusiaan dan bangsa dan membangun Indonesia menjadi negara maju,” ucapnya.

Presiden berharap kekuatan besar selama menangani pandemi ini betul-betul bisa diteruskan, dalam mengatasi permasalahan-permasalahan lainnya.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.