Kompak Kenakan Kain Sasirangan, Karnaval dan Pawai BSF ke-7 Tahun 2023 Diikuti Ribuan Peserta

0

KARNAVAL dan pawai Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke-7 tahun 2023 diikuti ribuan warga yang kompak mengenakan busana bermotif sasirangan.

RUAS Jalan Jenderal Sudirman depan Markas Korem 101/Antasari, dipadati kirap parade sasirangan oleh ribuan peserta, Sabtu (11/3/2023). Walikota Banjarmasin Ibnu Sina bersama Wakil Walikota Arifin Noor beserta istri menyaksikan karnaval BSF ke-7 ini dari atas panggung.

Para peserta karnaval BSF berasal dari berbagai komunitas di Banjarmasin. Dari para pelajar SMP, SMA, komunitas masyarakat dan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang ada di lingkup Pemkot Banjarmasin,

Kepala Dinas Budaya Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Banjarmasin Iwan Fitriady menjelaskan dalam parade BSF ke-7 dibagi dua kategori. Yakni, karnaval dan pawai dan diikuti hampir 100 tim.

BACA : Dihelat 3 Hari, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina Sebut BSF sebagai Hari Raya Sasirangan

“Jadi, ada sekitar 30 tim karnaval dari komunitas. Kemudian, ada sekitar 70 tim peserta pawai.  Jika ditotal orangnya, lebih 2.000-an peserta yang memeriahkan hari kedua BSF ke-7 ini,” ucap Iwan Fitriady.

Dari karnaval dan parade ini, Iwan berharap sasirangan yang menjadi kain kebanggaan sekaligus hasil karya para pengrajin bisa lebih diterima di tengah masyarakat. Tentunya, karya kriya dengan motif batik jemputan khas Banjar itu bisa semakin maju.

“Intinya acara BSF itu mengangkat pelestarian kain sasirangan sekaligus memperkenalkan sasirangan ini ke dunia internasional,” bebernya.

BACA JUGA : 5 Hari Digeber di Banjarmasin, Perputaran Uang Transaksi BSF 2022 Capai Rp 831 Juta

Dibandingkan even BSF sebelumnya, Iwan menilai tahun 2023 ini jauh lebih meriah dengan banyaknya para peserta, hingga antusiasme para pengunjung.

“Hal ini yang menjadi salah satu juga daya tarik bagi masyarakat untuk berkunjung dan memeriahkan BSF tahun ini, khususnya saat karnaval dan pawai,” imbuh Iwan.

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut serta memeriahkan karnaval dan pawai sasirangan BSF

“Semoga acara ini bisa memeriahkan kota dan menghibur masyarakat yang ada di Kota Banjarmasin,” ucap Ibnu Sina.

BACA JUGA : Luncurkan Baiman Store, BSF Ditarget Upaya Awal Pemulihan Ekonomi Banjarmasin

Mantan anggota DPRD Kalsel ini berharap antusiasme masyarakat yang luar biasa dalam rangkaian acara BSF hingga acara puncak atau penutupannya yang akan diisi berbagai pertunjukan musik dan hiburan dengan mendatangkan artis-artis ibukota.

Untuk diketahui, rangkaian BSF ke-7 tahun 2023 dihelat pada 10-12 Maret 2023 ini diawali dengan pameran UMKM sasirangan, fashion show sasirangan, karnaval dan pawai, forum diskusi sasirangan, pemilihan putra-putri sasirangan, menjulujur massal motif sasirangan hingga atraksi acil pasar terapung. Acara BSF juga dimeriahkan fashion design nasional, artis ibukota, artis lokal hingga tarian tradisional.(jejakrekam)

Penulis Ferry Oktavian
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.