Siapkan 3 Pilar Gerakan, Pengurus Wilayah PII Kalsel Dilantik

0

PENGURUS Wilayah Pelajar Islam Indonesia (PW PII) Kalimantan Selatan periode 2022-2024 resmi dilantik di Gedung Pemuda KNPI Kalsel, Jumat (10/2/2023).

RESMI menjabat Ketua Umum PW PII Kalsel, Bagas Hermawan yang pada periode sebelumnya mejabat Komandan Brigade PII Kalsel, berencana akan siapkan 3 Pilar Gerakan.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kalimantan Selatan yang diwakili oleh staf ahli bidang Pemerintahan, Politik, dan Hukum, Sulkan mengatakan, PII dari awal lahirnya pada tahun 1947 di Indonesia telah banyak berkontribusi untuk bangsa.

BACA: Bapak Pendidikan Kalimantan; Gubernur Milono dan Perkampungan Pelajar Mulawarman

Dirinya berpesan agar Pengurus yang baru dilantik dapat melaksanakan program-program kerja yang berdampak terhadap pelajar di Kalimantan Selatan, terutama dalam pengakaderan pelajar Islam.

“Mantapkan dengan sebaik mungkin arah kerja PII dalam mengkaderisasi para pelajar Islam,” katanya.

“Serta jadilah inspirasi dan penggerakan Berorientasi ada nilai ke-Islaman, berprestasi, dan berjiwa kepemimpinan,” tambah Sulkan.

Sementara itu ketua terpilih Bagas Hermawan mengatakan, setidaknya ada tiga gerakan yang akan menjadi fokus pihaknya pada periode 2022-2024 kali ini.

“Tiga pilar gerakan PII dengan tema besar yaitu Pelajar Bergerak, Pemuda Berdampak. Pertama, gerakan literasi, kemudian gerakan kolaborasi, dan gerakan mengabdi,” katanya.

Wakil Ketua Keluarga Besar PII Kalsel, dr Meldy dalam sambutannya berpesan kepada pengurus yang baru dilantik agar meningkatkan hubungan kepada pemerintah maupun kepada sesama organisasi yang ada di Kalimantan Selatan.

BACA JUGA: KS2 Kirim 9 Pelajar Tabalong ke Leadership Basic Training PII

“Dalam era sekarang kerja sama baik vertikal dengan pemerintah, atau kerja sama horizontal dengan organisasi kepemudaan itu harus ditingkatkan, supaya gaung PII itu lebih baik,” pesanya.

Sementara itu, Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Pengurus Besar PII Abdul Kohar Ruslan mengatakan, jika PII selama ini bukan hanya fokus terhadap pengkaderan pelajar, namun juga melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat.

Misalnya, pada beberapa waktu lalu Pengurus Besar PII telah mengirim sejumlah kader PII dari seluruh Indonesia untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat terpencil di Desa Patikalain, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

“Kontribusi PII juga telah mengirim kader terbaiknya selam satu bulan ke Desa Patikalain untuk melakukan pengabdian terhadap masyarakat Dayak Meratus,” katanya.

BACA LAGI: Potret Pelajar Buah Pendidikan Sekuler

Oleh sebab itu, Kohar mengharapkan program tersebut bisa dilanjutkan oleh pengurus PII Kalsel yang baru dilantik agar gerakan PII juga berdampak terhadap masyarakat.

Pada pelantikan tersebut turut juga hadir Wakil Ketua KB PII Pusat, HM Sofwat Hadi, Ketua Dewan Penasehat KB PII Kalsel Ustad H Chaerani Ideris, Wakil Ketua KB PII Kalsel, Kabid Urusan Agama Islam Kanwil Kemenag Kalsel Bukhari Muslim, dan Ketua PW PII Kalsel periode 2020-2022 Rizki Fadillah.

Pada pelantikan tersebut juga dirangkai dengan seminar kepemimpinan yang diisi oleh Rektor Kahfi Comunication School Kalsel Khusnul Abrar.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.