Normalisasi Sungai Veteran Akan Dilanjutkan Dengan Pembebasan Lahan

0

RENCANA pembebasan lahan yang jadi arahan langsung oleh Pemerintah Pusat, melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk program National Urban Flood Resilience Project (NUFReP) akhirnya memasuki langkah selanjutnya.

PROYEK yang menggunakan dana hibah World Bank ini, direncanakan akan dimulai pada bulan Maret ini juga. Sebelumnya, rencana normalisasi ini menyisakan dua lahan yang masih belum mencapai kesepakatan yaitu, lahan Klenteng Soetji Nurani dan Taher Square yang berada di kawasan jalan Piere Tendean.

Namun baru-baru ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perencanaan dan Penataan Ruang (PUPR) Suri Sudarmadiyah, pembebasan lahan ini sudah mendapatkan lampu hijau dari kedua pemilik lahan tersebut dan sudah dilakukan pengukuran ulang kembali.

BACA: Bukan Venesia dari Timur, Ini Analisis Ahli Konstruksi Soal Normalisasi Sungai Veteran!

“Rabu (8/2/2023) kemarin sudah kami lakukan pengukuran ulang bersama BPN (Badan Pertanahan Nasional). Insyaallah target nanti akan secepatnya terealisasikan,” ucap Suri saat ditemui di Balai Kota, Kamis (9/2/2023).

Namun dia tidak menyebut secara rinci, saat ditanya mengenai luasan lahan yang akan terdampak pembebasan lahan ini. Suri hanya mengungkapkan nantinya desain yang dipakai untuk pembebasan lahan ini adalah desain Balai Wilayah Sungai.

“Kami hanya memberikan masukan dari penyediaan bahan dan nantinya saat melakukan pelaksanaan dari Balai akan ada penyesuaian,” tuturnya.

Anggaran untuk pembebasan lahan ini, dibeberkan oleh Suri akan menghabiskan dana sebesar 40 miliar Rupiah.

BACA JUGA: NGobrol Pinggiran jrektv, Apa Kabar Revitalisasi Sungai di Kota Banjarmasin?

Ditargetkan oleh Suri pembebasan lahan ini akan selesai sebelum bulan Maret ini. “Karna sudah ditandatangani kontrak sebelum bahan masuk, di bulan Maret kami usahakan sudah selesai untuk pembebasannya,” ujarnya.

Setelah pengukuran ulang yang dilakukan beberapa waktu lalu, Suri mengkonfirmasi ada beberapa perubahan sedikit dari rencana awal sebelumnya. Dipastikan nanti, di lahan Klenteng Soetji Nurani pembebasan dilakukan di bagian gedung serbaguna, sedangkan untuk Taher Square pembebasan akan terkena di bagian halaman dan outlet.

“Memang kita akui kemarin saat pengukuran ulang ada lahan yang sebelumnya kena, ternyata tidak. Makanya setelah diukur ulang kami akan mendiskusikannya lagi, agar ketika pelaksanaan bisa berjalan dengan baik, tanpa ada kendala dari lahan yang dipakai,” jelas Suri.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/02/11/normalisasi-sungai-veteran-akan-dilanjutkan-dengan-pembebasan-lahan/
Penulis Fery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.