Budi Waseso : Pramuka Banua Diharapkan Jadi Pelopor Generasi Muda

0

KETUA Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso mengungkapkan, gerakan pramuka adalah pendidikan non formal, dan membentuk pemuda berkarakter, bahkan bagian dari pelengkap pendidikan nasional.

IA berharap, ke depannya, gerakan Pramuka menjadi pelopor generasi muda dalam mewujudkan para calon pemimpin muda yang berkarakter. Dan tetap pula berpegang teguh pada nilai Tri Sarya dan Dasa Darma. “Gerakan Pramuka menjadi pelopor generasi muda dalam mewujudkan calon pemimpin,” ucapnya, saat Ketua Mabida yang juga menjabat sebagai Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, Sabtu (4/2/2023) di Kiram Park.

Menurutnya, dengan dukungan berbagai pihak baik itu pemerintah, lembaga, sampai masyarakat, sehingga Pramuka ini akan ada dimana bahkan sampai lingkup terkecil sekalipun.

BACA JUGA: Bulog Dukung Program Pemerintah, Berinovasi dengan Beras Bervitamin Kemasan

Gerakan Pramuka ini akan selalu siap hadir dalam kegiatan membantu masyarakat, dengan beberapa kegiatan seperti aksi tanggap bencana, pengentasan kemiskinan, serta membantu mengatasi permasalahannya sosial lainnya di masyarakat.

“Ini sebagai sarana pendidikan serta sarana pendidikan bagi para anggota pramuka untuk menumbuhkan semangat simpati juga empati,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Hj Raudhatul Jannah kembali dipercaya memimpin Gerakan Pramuka di Bumi Lambung Mangkurat. Di kukuhkan Majelis Pembimbing Daerah (Mabida), Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor.

Ketua Mabida Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, dilantik oleh Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas), Komjen pol (purn) Budi Waseso, Sabtu (4/2/2023) di Kiram Park.

BACA JUGA: Paman Birin dan Acil Odah Disambut Nyanyian Selamat Datang Kakak

Selain melantik Sahbirin, Budi Waseso juga melantik jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lain sebagai anggota pengurus Mabida di tempat dan waktu yang sama.

Ketua Mabida dari Kwartir Daerah (Kwarda) Kalimantan Selatan, Sahbirin, menyatakan, mendukung penuh jalannya kegiatan Pramuka di banua tercinta.

“Kita akan berikan penuh dukungan, dalam setiap kegiatan langkah dari gerakan Pramuka ini”. Ungkapnya.

BACA JUGA: Paman Birin Dikukuhkan Jadi Ketua Umum KBB Sedunia

Kini, sambungnya, telah direncanakan kegiatan nasional pramuka di tanah Kalimantan Selatan. “Tahun ini sudah kita rencanakan untuk mengadakan Kemah Bela Negara, yang lingkup nya nanti akan nasional,” tuturnya.

Acara dilanjutkan dengan pembagian ribuan bibit cabai untuk 13 Kwartir Cabang yang ada di Kalimantan Selatan, serta akan ada malam ramah tamah antara pengurus baru, ketua kwarda, ketua mabicab, dan ketua kwarnas beserta robongan.

“Mari kita buktikan jika gerakan Pramuka di Kalimantan Selatan ini adalah yang terbaik di Indonesia,” tutupnya. (jejakrekam)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.