Kerap Diberi Uang, Aksi Pak ‘Ogah’ Kian Marak di Persimpangan Jalan Banjarbaru  

0

AKSI ”Pak Ogah” alias pengatur jalan liar di persimpangan maupun U-Turn kian menjamur di sejumlah ruas jalan di Kota Banjarbaru.

KAPOLRES Banjarbaru AKBP Dody Harza Kusumah, melalui Kasi Humas Polres Banjarbaru Kompol Tajudin Noor  mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali melakukan penertiban terhadap Pak Ogah ini. Namun, mereka kucing-kucingan dengan petugas yang melakukan penertiban.

“Kami sudah beberapa kali melakukan penindakan kepada Pak Ogah ini. Kita bawa ke kantor polisi sudah, bahkan ada yang kita serahkan juga ke Satpol PP dan Dinas Sosial untuk dilakukan pembinaan, tapi ya itu mereka tetap memilih jadi Pak Ogah,” kata Tajudin kepada jejakrekam.com, Rabu (1/2/2023).

BACA : Bantu Atur Lalu Lintas, Dishub Banjarmasin Klaim Terus Bina Pak Ogah

Tajudin bercerita, para Pak Ogah ini bertahan karena  pengendara memberi tips uang, sehingga terus berjamuran menjadi profesi mereka.

“Pernah saya ketemu salah satu Pak Ogah itu sedang berjaga di ruas jalan Banjarbaru, dan ketika saya ke Banjarmasin Pak Ogah tersebut juga mengatur jalan disana. Mereka bukan orang Banjarbaru, mereka pindah-pindah ruas jalan,” jelasnya.

Adapun perihal penertiban Pak Ogah, disampaikan Tajudin belum ada pasal yang mengaturnya sehingga mereka  dianggap tidak melakukan pelanggaran ketika membantu pengendara untuk menyeberang atau berbelok di ruas jalan.

BACA JUGA : Dua “Pak Ogah” Banjarmasin Diamankan Petugas, Dihukum Push Up Hingga Guling-Guling

“Kecuali Pak Ogah ini melakukan pemerasan, merusak kendaraan dan hal-hal merugikan lainnya yang melanggar aturan baru mereka masuk tindak pidana,” ucapnya.

Berkenaan hal itu, Polres Banjarbaru ujar Tajudin sudah menghimbau kepada para Pak Ogah di Banjarbaru untuk tidak memaksa pengendara memberi bayaran atas jasanya tersebut dan tidak melakukan hal-hal kurang senonoh lainnya.

“Pak Ogah tidak boleh memaksa orang untuk membayar jasanya. Itu termasuk tindak pidana. Begitu pula dengan para pengendara untuk tidak memberikan tips sehingga Pak Ogah akan berhenti dengan sendirinya,” pungkas Tajudin.(jejarkekam)

Penulis Sheila Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.