DPRD Balangan  Dukung Larangan Peserta Didik Bawa Lato-Lato ke Sekolah

0

ANGGOTA DPRD Balangan M Rusdin Barhiwan mendukung surat edaran yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Balangan untuk melarang membawa dan memainkan permainan lato-lato di sekolah.

“PERMAINAN ini tentunya dapat mengakibatkan dampak negatif dalam pendidikan, seperti bunyinya yang mengganggu proses pembelajaran,” kata legislator muda tersebut di Paringin belum lama tadi.

Dia melanjutkan, dampak negatif dari permainan tersebut anak tidak fokus dalam pembelajaran serta hal-hal lain yang mengganggu aktivitas belajar mengajar di sekolah.

Oleh karena itu, dia sangat mendukung surat edaran yang telah dikeluarkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk melarang aktivitas permainan lato-lato agar tidak dibawa ke sekolah.

Selain itu ucapnya, orang tua juga harus waspada dan memperhatikan permainan ini, karena dua bola yang diikatkan ke tali tersebut terbuat dari benda yang keras, tentunya tidak menutup kemungkinan bisa putus dan melayang ke tubuh anak yang sedang bermain atau orang di sekitarnya.

Diketahui, surat edaran yang dikeluarkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Balangan tersebut mengingat viralnya permainan lato-lato di kalangan pelajar tetapi penggunaannya tidak sesuai pada tempatnya.

Karena hal ini banyak mengakibatkan dampak negatif, seperti mengganggu kenyamanan dalam pembelajaran, cedera fisik, sampai kerusakan sarana prasarana di sekolah.

Dengan ini, tegas Rusdin, perlu tindakan dari tiap satuan pendidikan untuk meminimalisasi dampak ini juga menciptakan kenyamanan peserta didik untuk belajar di sekolah.

“Kami imbau kepada para orang tua untuk lebih mengawasi dan memastikan keamanan anak-anaknya dalam melakukan aktivitas permainan lato-lato maupun kegiatan lainnya agar tidak membahayakan diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitarnya,” ujarnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.