KPU Barito Utara Laksanakan Uji Publik Penataan Dapil Dan Alokasi Kursi

0

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Utara melaksanakan uji publik penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD. Kegiatan dilaksanakan di aula DPRD, Rabu (14/12/2022).

KETUA KPU Barito Utara Malik Muliawan mengatakan, tahapan pemilihan umum tahun 2024 sudah dimulai. “Insya Allah hari ini komisi pemilihan umum pusat melaksanakan penetapan jumlah partai peserta pemilu tahun 2024,” kata Malik Muliawan.

Menurutnya, berdasarkan verifikasi vaktual KPU Barito Utara ada 18 Partai Politik yang akan ikut peserta pemilu.

BACA: KPU Barito Utara Seleksi Wawancara Calon PPK

Dijelaskannya, calon PPK sudah dilaksanakan uji wawancara, dan tahapan selanjutnya adalah penetapan anggota terpilih dari sembilan Kecamatan.

Malik Muliawan menambahkan, jumlah penduduk untuk Barito Utara ada 157.582 dan hasil uji publik ini akan disampaikan ke provinsi Kalimantan Tengah. “Dengan uji publik ini dapat meningkatkan hasil pemilu sesuai dengan harapan masyarakat,” kata Malik.

BACA JUGA: H Nadalsyah Terima Silahturahmi Jajaran KPU Barito Utara

Malik Muliawan menambahkan, uji publik ini juga untuk memberikan kesempatan pada masyarakat agar lebih mengetahui tahapan Pemilihan Umum 2024.

Anggota Komisi Pemilihan Umum devisi tehknis, Fakhruzzaini mengatakan, Untuk wilayah Barito Utara pada pemilihan tahun 2019 ada tiga daerah pemilihan, yakni dapil 1 Kecamatan Teweh Tengah, dapil II Kecamatan Lahei, Lahei Barat, Teweh Timur dan Gunung Purei, dan Dapil III Kecamatan Teweh Selatan, Montallat, Gunung Purei dan Teweh Baru.

Namun berdasarkan rancangan Pemilu 2024 menjadi empat Dapil, sementara jumlah kursi masih tetap sebanyak 25 kursi. Ini disebabkan jumlah penduduk belum mencapai dua ratus ribu, dengan tambahan pemilih hanya sekitar 5 ribu saja.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.