Walikota Bontang Terpilih Menjadi Ketua Komisariat Wilayah APEKSI Regional Kalimantan  

0

BERDASARKAN hasil Musyawarah Komwil V APEKSI Regional Kalimantan tahun 2022,  Walikota Bontang, Basri Rase terpilih sebagai Ketua Komisariat Wilayah (Komwil) V Asosisasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Regional Kalimantan periode 2022-2025 menggantikan Walikota Tarakan, Khairul pada Rabu (7/12/2022) di Ballroom Dafam Hotel, Banjarbaru.

HM Aditya Mufti Ariffin yang memimpin sidang pleno Muskomwil V APEKSI Regional Kalimantan menyampaikan dalam muskomwil selain menyepakati beberapa program dan rekomendasi, pihaknya juga menunjuk Ketua beserta anggota Komwil V APEKSI Regional Kalimantan periode 2022-2025.

“Telah dipilih secara musyawarah ketua Regional Wilayah V yaitu Walikota Bontang dengan Walikota Pontianak sebagai Wakil Ketua I dan Walikota Banjarbaru sebagai Wakil Ketua II,” ucap Aditya Mufti Ariffin usai acara.

BACA : City Tour, Peserta Apeksi Diajak Kunjungi Dekranasda Dan Mall Pelayanan Publik Banjarbaru

Aditya bilang dengan terbentuknya kepengurusan baru tentunya akan ada banyak hal yang harus dikerjakan oleh pengurusan baru. “Mudah-mudahan ada ide, gebrakan dan gagasan baru untuk Kota se Kalimantan agar bisa bersinergi terutama isu penting salah satunya soal IKN,” ucapnya

Sementara itu, ketua terpilih, Walikota Bontang Basri Rase menuturkan kedepannya banyak hal yang harus dikerjakan seperti interkoneksi Kalimantan melalui darat (Trans Kalimantan) maupun udara, peningkatan dana kelurahan dan menyiapkan kota yang ada di Kalimantan untuk pemindahan IKN ke Kalimantan Timur.

BACA JUGA : Peserta Apeksi Tebar 10 Ribu Ikan Patin dan Kelabau

“Kita akan mendorong seluruh kota di Kalimantan untuk percepatan digitalisasi, kemudian reformasi birokrasi yang tematik untuk menyiapkan ibu kota negara,” kata Basri.

Perihal menyiapkan SDM, pembangunan dan infrastruktur, Basri kata akan mendorong semua kota di Kalimantan untuk bersinergi untuk memperkuat Daerah Otonomi Baru (DOB) di masing-masing kota dan kerjasama antar daerah di regional Kalimantan.

“Dengan melakukan kolaborasi, akan memperkuat antar satu kota dengan kota lainya, selain itu kita juga sedang membangun bagaimana seluruh kota yang ada di Kalimantan ini bisa berkembang lebih cepat, dan sama-sama menjadi daerah terdepan,” ungkap Basri.

BACA JUGA :  Berbeda Dari Sebelumnya, 12 Walikota Regional Kalimantan Diajak Olahraga Menembak

Perlu diketahui, anggota Komwil V Apeksi Regional Kalimantan terdiri dari Kota Pontianak, Kota Singkawang, Kota Palangkaraya, Kota Banjarbaru. Kemudian Kota Banjarmasin, Kota Balikpapan, Kota Samarinda, Kota Bontang, dan Kota Tarakan.

Susunan organisasi Komwil V APEKSI Regional Kalimantan periode tahun 2022-2025 antara lain  Ketua APEKSI adalah Walikota Bontang. Kemudian untuk posisi Wakil Ketua I diduduki oleh Walikota Pontianak.

BCA JUGA : Takut Dideadline Mendagri, Alasan Walikota Ibnu Sina Cabut Gugatan UU Kalsel di MK

Sedangkan untuk jabatan Wakil Ketua II dipercayakan kepada Walikota Banjarbaru. Sementara untuk posisi Sekretaris diserahkan kepada Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Bontang dan Bendahara APEKSI ditunjuk Kepala BPKAD Kota Bontang.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.