Tampil Apik dan Penuh Strategi, Kontingen HSU Sabet Juara Umum Cabor Catur Peparprov Kalsel

0

KONTINGEN Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) berhasil toreh juara umum cabang olahraga (cabor) Catur pada Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) IV Kalimantan Selatan di Kandangan, Hulu Sungai Selatan, Jumat (25/11/2022).

TAMPIL apik penuh strategi, Kontingen HSU peroleh 10 medali emas, 4 medali perak, dan 7 medali perunggu. Disusul kontingen Banjarbaru pada posisi kedua dengan perolehan 5 medali emas, 4 medali perak, dan 2 medali perunggu. Serta kontingen Banjarmasin pada posisi ketiga dengan perolehan 5 medali emas, 2 medali perak, dan 1 medali perunggu.

Technical Delegate Cabor Catur, Muhammad Syaifani Zulfa menyampaikan pelaksanaan lomba para catur yang dilangsungkan dari 20-26 November 2022 di Aula MAN 2 Kandangan dilangsungkan dua nomor untuk penyandang tuna netra yakni Tuna Netra B-11 Putera dan Tuna Netra B-12/13 Putera. Kemudian ada pula nomor Tuna Rungu dan Tuna Daksa.

BACA : Acung Jempol, Ratusan Atlet Pemula Penyandang Disabilitas Bersaing Di Peparprov IV Kalsel

“Untuk Tuna Netra B-11 Putera medali emas diperoleh oleh Hakim asal HSU, dan Tuna Netra B-12/13 Putera diperoleh oleh Andre Birrul Alim asal Banjarbaru,” ucapnya.

Syaifani bilang potensi para atlet catur di Peparprov IV kali ini lebih meningkat dibanding Peparprov III lalu. Di mana, sebut Syaifani atlet tuna netra B-11 atas nama Hakim, strategi permainan yang dimainkannya meningkat lebih baik.

BACA JUGA : Koleksi 3 Medali Emas, Kontingen Banjarmasin Juarai Cabor Catur Porprov Kalsel XI 2022

“Di tuna netra B-12/13 putera, Andre merupakan atlet muda yang baru bergabung di Peparprov IV kali ini. Ia dapat perolehan 2 emas langsung. Satu emas perorangan dan satu emas beregu,” jelasnya.

Syaifani berharap, catur disabilitas di Kalimantan Selatan  semakin meningkat dan semakin banyak bibit pecatur handal. “Karena di nasional, Kalsel sudah termasuk provinsi yang diperhitungkan saingannya. Semoga lebih meningkat lagi,” tuntasnya.

BACA JUGA : Membanggakan! Pecatur Muda HSU Nishfa Wakili Indonesia di Asian Youth Chess Championships 2022

Di lain sisi, atlet tuna netra B-11 HSU yang berhasil toreh emas, Hakim menyampaikan rasa syukur karena dirinya berhasil peroleh emas dan mendorong HSU menjadi juara umum cabor Catur pada Peparprov IV kali ini.

“Alhamdulillah bahagia. Latihan kurang lebih 2 bulan setiap hari berbuah hasil. Strategi yang digunakan seperti biasa fokus pokoknya mencari peluang kesempatan,” tuturnya.

Hakim menyampaikan pada pertandingan cabor catur ini dirinya berhasil peroleh 2 emas dan 1 perunggu.  “Untuk saingan terberat tidak ada, semuanya seimbang aja. Semoga kedepannya lebih baik lagi dapat mengharumkan nama daerahnya,” ringkasnya.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.