23 Desa di Balangan Rawan Pangan, DKP3 Sosialisasikan RAD Pangan dan Gizi

0

DINAS Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan menggelar sosialisasi Rencana Aksi Daerah (RAD) pangan dan gizi, di Aula DKP3 Balangan terkait 23 desa yang terkena rawan pangan.

KEPALA DKP3 Balangan Tuhalus mengatakan, dari 23 desa yang rawan pangan tersebut, terbagi tiga yang dikatakan prioritas, pertama empat desa sangat tinggi, tujuh desa sedang dan 12 desa ringan.

“Jadi hanya empat desa yang berwarna merah yang perlu ditangani dengan serius, kita sudah melakukan intervensi dari kegiatan 2023. Kita berencana akan mengentaskan ini dan ada 10 desa yang akan kita selesaikan,” ujarnya.

Tuhalus juga menyebut, akan terus berupaya untuk 10 desa tersebut bisa ditangani dengan baik sehingga kerawanan pangan dan angka stunting di Balangan bisa lebih menurun.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalsel, Faturrahman, menyampaikan RAD pangan dan gizi ini merupakan dokumen lima tahunan untuk memberikan arah baik provinsi maupun daerah untuk melaksanakan program terkait penanganan.

“Saat ini baik pusat, provinsi mampu daerah dihantui stunting tinggi, kemudian rawan pangan dan ini kita susun rencana aksi sehingga kabupaten maupun provinsi tahu apa yang harus dilakukan,” tuturnya.

Terlebih Faturrahman menyebutkan bahwa provinsi dan kabupaten/kota wajib membuat dokumen RAD pangan dan gizi kemudian melakukan pembentukan tim pengarah serta teknis.

“Tadi disampaikan tidak hanya tentang permasalahan produksi kemudian produktivitas tetapi dari infrastruktur, air bersih, tenaga kesehatan yang kurang,” katanya.(jejakrekam)

Penulis InfoPublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.