DPRD Berharap Seluruh Ruas Jalan di Kalsel Dipasangi PJU

0

DPRD Kalsel melalui Komisi III membidangi perhubungan menginginkan di seluruh ruas jalan di kabupaten, kota, provinsi maupun nasional ada pemerataan pemasangan penerangan jalan umum (PJU).

PEMERATAAN pemasangan PJU di Kalsel ini penting sekali, karena saat ini masih banyak di ruas jalan, baik kabupaten, kota, provinsi maupun nasional tidak memiliki PJU.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kalsel, H Hasanuddin Murad, SH kepada wartawan seusai rapat dengar pendapat (RDP) dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kalsel di Banjarmasin, Selasa (1/11/2022).

Dari hasil RDP, ungkap Hasanuddin Murad, ternyata saat ini masih banyak ruas jalan yang ada di daerah-daerah, baik itu ruas jalan kabupaten, kota, provinsi dan nasional yang tidak memiliki PJU.

Kondisi seperti itu, salah satu kendalanya terkait kewenangan, dimana Dinas Perhubungan juga terkendala, karena untuk PJU di ruas jalan itu ada pula kewenangan kabupaten, kota dan pusat.

“Kewenangan itu menjadi permasalahan juga di kalangan Dinas Perhubungan, kecuali ada Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara kabupaten, provinsi dan pusat, sehingga kalau memang dibutuhkan PJU-nya bisa saja provinsi mengisinya,” ujar Hasanuddin Murad.

Kendala lainnya diungkapkan mantan Bupati Barito Kuala (Batola) dua periode itu, ada keterbatasan dana sehingga kemudian menjadi permasalahan. Apalagi jika yang dipasang itu PJU Smart atau bertenaga matahari, yang harganya lebih mahal dari yang menggunakan listrik.

“Komisi III DPRD Provinsi Kalsel menyarankan agar lebih banyak lagi dipasang PJU Smart yang menggunakan tenaga matahari,” sebutnya.

Saran tersebut, imbuh politisi senior Golkar Kalsel ini sejalan dengan Kalsel yang mendapat tugas terkait isu soal lingkungan, sehingga penggunaan energi ramah lingkungan seperti PJU Smart harus dilakukan di Provinsi Kalsel.

“Meski kalau memasang PJU Smart mencapai Rp38 juta, yang harganya lebih mahal dibandingkan PJU yang menggunakan listrik, namun Kalsel harus menggunakan energi ramah lingkungan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.