Zairullah Azhar Terima Kunjungan Bupati Barito Timur di Tanbu

0

PEMKAB Tanbu menerima kunjungan dari Bupati Barito Timur. Dalam sambutan dan ramah tamah pun dilakukan di Kantor Bupati Tanah Bumbu, Jl Dharma Praja Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan.

SUMRINGAH wajah Bupati HM Zairullah Azhar saat menyambut Bupati Barito Timur dan rombongan di Bumi Bersujud, Rabu (19/10/2022).

Berhadir Asisten dan Staf Ahli, jajaran Kepala SKPD, Camat serta pejabat Pemerintah Desa Lingkup Tanah Bumbu, Komite Percepatan Pembangunan Tanah Bumbu dan tamu undangan.

Rombongan Bupati Barito Timur membawa Kepala SKPD Barito Timur bersama Penyuluhan Pertanian Barito Timur. Mereka tiba pukul 11.20 Wita, berjumlah 50 orang lebih. Menggunakan transportasi darat dan rencananya melakukan kunjungan pula di Kabupaten Kotabaru.

BACA JUGA: Bupati Zairullah Azhar Terima Kunjungan Ombudsman Kalsel

“Hari ini kedatangan tamu yang membawa berkah yaitu Barito Timur, merupakan kabupaten yang terbangun lebih awal dari Kabupaten Tahun Bumbu,” kata Bupati Zairullah.

Kunjungan ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, dan mendukung pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan ekonomi kerakyatan pada bidang pertanian, perikanan, dan peternakan.

Sejarah perjalanan pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu oleh Bupati Zairullah, dulunya sempat mengalami penurunan pendapatan sekitar 1,8 persen, namun kini berhasil berkembang lebih baik.

Bupati Tanah Bumbu menjabarkan fokus program kerja terkini Pemkab Tanbu yaitu pembangunan Bendungan Kusan dan Pembangkit Listrik Tenaga Air.

Bupati Barito Timur, Dr. Ampera, AY Mebas, ditemani Munita Mustika Dewi Ketua TP PKK Barito Timur, menyebutkan, Kabupaten Barito Timur memiliki 10 kecamatan dan 101 desa.

“Walaupun daerah pemekaran, Barito Timur merupakan daerah pertanian dan kebun karet, kami juga aktif produksi gabah. Tanah Bumbu menjadi acuan kemajuan, ada banyak kawasan sawit di Tanah Bumbu ini. Rencananya kami juga akan membuka sawit masyarakat seluas 800 hektar dan akan kami buatkan kreterianya,” ujarnya dalam sambutan tersebut. 

BACA JUGA: Peduli Anak Yatim, Ketua Komisi VIII DPR Puji Dedikasi Bupati Tanbu Zairullah Azhar

Barito Timur akan fokus melakukan pengembangan berbagai aspek, turut disinggung Bupati Ampera mengenai perkembangan industri. “Pada tahun ini kami melakukan pembenahan dan pembinaan Bundesmart (usaha desa),” tambah Bupati Ampera.

Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. Pada tahun 2020 menunjukkan, angka penduduk kabupaten yang kembali 113,229 jiwa, dengan kepadatan 30 jiwa/km² dan sekarang terus berkembang. 

Sedang Tanah Bumbu penghasil ikan terbesar di Kalimantan Selatan, mendongkrak penghasilan dari luasan perkebuhan sawit, pertanian dan industri pertambangan. Tanah Bumbu memiliki luas kurang lebih 5.200 km², populasi penduduk 375.000 jiwa, ada 13 Kecamatan dan 171 desa, terdiri dari 34 suku yaitu sebagian besar dari transmigran. (jejakrekam) 

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/10/20/zairullah-azhar-terima-kunjungan-bupati-barito-timur-di-tanbu/
Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.