Stok Vaksin Covid-19 Kosong, Kepala Dinkes Banjarmasin : Sementara Layanan Vaksinasi Dihentikan!

0

STOK vaksin Covid-19 yang digunakan warga untuk vaksin booster maupun vaksin reguler dilaporkan dalam keadaan kosong di Banjarmasin.

KEPALA Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin dr Muhammad Ramadhan membenarkan kondisi kosongnya pasokan serum dalam ampul atau botol untuk disuntikkan kepada penerima vaksinasi.

Sebagai informasi kepada publik, Dinkes Kota Banjarmasin mengeluarkan surat keterangan bernomor 440/13559-IFK/Dinkes tanggal 10 Oktober 2022.

Hal itu sesuai Surat Kepala UPTD Instalasi Farmasi Kota Banjarmasin nomor : 448/2137-IFK/2022 perihal pemberitahuan kekosongan vaksin Covid-19 sejak tanggal 21 September 2022. Begitu pula kondisi serupa juga dialami 27 puskesmas se-Kota Banjarmasin.

BACA : 27 Puskesmas di Banjarmasin Sudah Saatnya Terapkan Layanan Telemedicine

“Dengan kekosongan stok vaksin Covid-19 itu, saya sudah beberapa  menyurati dan mengajukan permohonan  kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel. Termasuk, Kementerian Kesehaan di Jakarta. Namun, hingga kini belum ada respons atau terealisasi pengiriman vaksin baru ke Banjarmsain,” tutur Ramadhan kepada jejakrekam.com, Senin (10/10/2022).

Ternyata, beber Ramadhan, kondisi serupa juga dialami Dinas Kesehatan kabupaten/kota se-Kalsel, ketika Banjarmasin meminta bantuan untuk dikirim pasokan vaksin Covid-19, jika ternyata berlebih.

BACA JUGA : Stok Kosong, Persedian Vaksin Covid 19 di Banjarbaru Hanya Sampai 30 September

“Jawaban mereka rata-rata juga mengalami kekosongan,” kata mantan Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalsel ini.

Menurut Ramadhan, dengan kosongnya stok vaksin Covid-19, maka sementara waktu layanan bagi masyarakat untuk vaksinasi tidak bisa dilaksanakan Dinas Kesehatan serta puskesmas-puskesmas yang ada di Banjarmasin.

BACA JUGA : Ibnu Sina Targetkan 7.000 ASN di Banjarmasin Terima Vaksin Booster

“Semoga dalam waktu segera, kekosongan vaksin Covid-19 tidak berlangsung lama di Banjarmasin. Permintaan kami untuk dikirim stok vaksin bisa dikabulkan Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel dan Kemenkes,” pungkas Ramadhan.

BACA JUGA : Cakupan Masih Rendah di Banjarmasin, Sasaran Vaksin Booster Hanya Lansia

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel Diauddin saat dikonfirmasi belum menyahut soal ketiadaan vaksin Covid-19 yang sudah berlangsung tiga pekan di Banjarmasin itu.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/10/10/stok-vaksin-covid-19-kosong-kepala-dinkes-banjarmasin-sementara-layanan-vaksinasi-dihentikan/
Penulis Asyikin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.