Universitas Negeri Jakarta Jalin Kerja Sama dengan STKOM Sapta Computer

0

KEBERADAAN STKOM Sapta Computer (SC) sebagai lembaga pendidikan vokasi yang beroperasi di Kabupaten Balangan, semakin diperhitungkan di dunia pendidikan nasional.

HAL ini terlihat setelah pada tahun 2021 lalu Universitas Terbuka (UT) menggandeng STKOM Sapta Computer dalam Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dan Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT), pada tahun 2022 ini giliran Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang menggandeng STKOM SC untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia Pendidikan Vokasi.

“Kerja sama ini tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset  dan Teknologi dengan Universitas Negeri Jakarta Nomor 37/D/HK.02.06/2022,” ungkap Slametno, Ketua STKOM SC, Senin (3/10/2022).

Diungkapkan Slametno, salah satu dari point perjanjian kerja sama tersebut adalah, lulusan STKOM Sapta Computer  dapat melanjutkan Program Diploma 4 maupun Strata Satu (S1) melalui Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Yang mana, kata dia, nilai pembelajaran selama di STKOM Sapta Computer dapat dikonversikan menjadi nilai mata kuliah pada Program Studi di Universitas Negeri Jakarta, sehingga lulusannya akan meraih gelar akademik dan ijazah dari Universitas Negeri Jakarta.

“Sejak tahun 2012 ada dasar hukum terkait penyelenggara Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) ini, salah satunya adalah  Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012, tentang Pendidikan Tinggi dan  Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 24),” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Slametno, dalam waktu dekat STKOM Sapta Computer juga akan digandeng oleh dua perguruan tinggi negeri yang ada di Pulau Jawa, yaitu Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Melalui program ini, perguruan tinggi yang bekerja sama dengan STKOM Sapta Computer dapat menyelenggarakan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) melalui STKOM Sapta Computer yang ada di Kabupaten Balangan, Tabalong, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, Bandung, Tangerang dan Boyolali.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.