DKP3 Balangan Laksanakan Gerakan Percepatan Tanam Pengendalian OPT

0

DINAS Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan melaksanakan kegiatan Gerakan Percepatan Tanam Pengendalian OPT Pra Tanam di Hamparan Sawah Lingkup Gapoktan, Desa Timbun Tulang, Kecamatan Batumandi, Senin (26/9/2022).

ADAPUN tujuan dari kegiatan tersebut, untuk menunjang dan meningkatkan ekonomi di bidang pertanian khususnya di Desa Timbun Tulang dan sekitarnya.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Rizkianor Fauzi menerangkan bahwa kegiatan yang dilakukan adalah gerakan pra tanam dan gerakan pengendalian pra tanam, yang merupakan program dari DKP3 dalam bidang tanam pangan untuk mendukung visi misi Bupati Balangan dan visi misi DKP3, sekaligus menyerahkan bantuan berupa pupuk kepada petani

“Untuk meningkatkan produksi pertanian dalam hal ini tanam padi, dibantu oleh pemerintah daerah berupa pemberian pupuk yang ada di delapan kecamatan disetiap setiap produk, ada pupuk Evagrow, Valdisgrow dan Benih yang sumbernya sebagian besar dari APBD 2, kemudian APBD 1, dan APBD,” terangnya.

Dengan adanya bantuan tersebut, Rizkianor Fauzi mengharapkan dapat meringankan beban petani yang muaranya adalah produksi padi di Kabupaten Balangan akan meningkat dan dapat memenuhi kebutuhan pangan.

“Harapannya dengan adanya bantuan ini dapat meringankan beban petani dalam kondisi inflasi yang sangat tinggi. Kemudian harapan kita juga, ada peningkatan produksi di Kabupaten Balangan untuk memenuhi kebutuhan pangan dari kabupaten itu sendiri,” harap Rizkianor Fauzi.

Sementara itu, Kepala Desa Timbun Tulang, Mursani juga mengharapkan dengan adanya kegiatan tersebut, dapat mensukseskan tanam perdana secara serentak dan lebih awal dari tahun-tahun sebelumnya.

Kegiatan yang dilaksanakan DKP3, menurut Mursani juga sangat bermanfaat dan menumbuhkan semangat kembali di lingkungan petani khususnya masyarakat Desa Timbun Tulang.

“Alhamdulillah, seperti Desa Hamparaya dan Desa Teluk Masjid yang juga ikut serta dalam kegiatan tanam perdana atau tanam serentak 2022 yang akan dijadwalkan di bulan Oktober. Dan untuk pelaksanaan ini, kami sangat berharap dukungan dan keterlibatan penuh dari BPP kecamatan, dinas atau dari instansi terkait, agar ekonomi di bidang pertanian khususnya di Desa Timbun Tulang dan sekitarnya dapat meningkat,” ucap Mursani.(jejakrekam)

Penulis InfoPublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.