Ungkap Otak Pembobol Kartu ATM, Tersangka Kasus Skimming Bank Kalsel Ternyata Tahanan Lapas Bali

0

SATU tersangka kasus skimming atau kejahatan pencurian data pengguna ATM untuk membobol rekening 94 nasabah di Bank Kalsel, berhasil diungkap Polda Kalsel.

DIREKTUR Reserse Kriminal Khusus Kombes Pol Suhasto melalui Plt Plt Kasubdit V Siber Ditreskrimsus Polda Kalsel, AKP Kamaruddin mengungkapkan penyidik sudah mengantongi identitas pelaku lain.

“Makanya, penyidik perlu ekstra hati-hati dalam menangani kasus ini. Prinsip kasus skimming tidak mungkin sendiri. Memang, kami sudah menetapkan satu tersangka demi kepentingan penyidikan, identitas tersangka belum bisa dipublikasikan ke publik,” tutur AKP Kamaruddin kepada awak media di Banjarmasin, Jumat (23/9/2022).

BACA : Masih Menempel Di ATM Bank Kalsel, Alat Skimming Diamankan Ditreskrimsus Polda Kalsel

Kamaruddin membeberkan tersangka dalam kasus skimming yang merugikan 94 nasabah Bank Kalsel merupakan seorang tahanan lembaga pemasyarakatan (lapas) di Bali.

“Yang bersangkutan saat ini tengah menjalani masa tahanan dalam kasus lain di lapas di Bali, tidak terkait dengan kasus skimming Bank Kalsel,” ucap Kamaruddin.

BACA JUGA : Kurang Dari 24 Jam, Bank Kalsel Ganti Kerugian Nasabah yang Terverifikasi Skimming

Sebelumnya, tim penyidik Ditreskrimsus Polda Kalsel bertolak ke sejumlah daerah guna mengungkap otak kejahatan pembobolan rekening nasabah Bank Kalsel melalui kartu ATM itu.

Penelusuran pun dilakukan polisi siber Polda Kalsel ke DKI Jakarta, Sukabumi Jawa Barat hingga ke Bali. Ini karena, kejahatan skimming diyakini dilakukan sebuah sindikat atau kelompok, bukan perorangan.

BACA JUGA : Mantan Dirut Bank Kalsel Sebut Sistem IT Perbankan Belum Sepenuhnya Dapat Lolos Dari Ancaman Skimming

Akibat aksi pembobolan identitas pemegang kartu ATM Bank Kalsel, ada 94 nasabah dirugikan mencapai Rp 1,9 miliar pada Senin (1/8/2022) lalu.

Namun, kemudian pihak manajemem Bank Kalsel mengganti seluruh dana nasabah yang yang hilang tersebut. Sebelumnya tim penyidik juga sudah menemukan alat bukti di ATM Bank Kalsel yang berada di SMKN 5 Banjarmasin. Alat yang diduga skimming itu terpasang pada kabel jaringan internet, posisinya terpasang pada kabel LAN.

BACA JUGA : Aliran Dana Skimming Bank Kalsel Diduga Mengalir ke Jakarta hingga Bali

Untuk melancarkan aksi ini, pelaku kejahatan menggunakan alat khusus bernama scammer yang bentuknya mirip dengan mulut slot kartu ATM. Begitu kartu dimasukkan ke dalam scammer, maka mesin itu akan secara otomatis merekam informasi dari kartu ATM korban.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/09/23/ungkap-otak-pembobol-kartu-atm-tersangka-kasus-skimming-bank-kalsel-ternyata-tahanan-lapas-bali/
Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.