Sejumlah Daerah di Indonesia Gagal Panen, Bulog Kalsel Bersiap Jika Terjadi Krisis Pangan

0

BULOG Regional Kalsel mulai bersiap menjadi Buffer Stock untuk menjaga ketersediaan komoditas beras.

HAL tersebut lantaran adanya sejumlah wilayah di Indonesia di tahun 2022 ini mengalami gagal panen, termasuk beberapa daerah sentral produksi beras di wilayah Provinsi Kalsel.

“Melihat kenyataan itu Bulog Regional harus menjaga harga beras agar senantiasa stabil dipasaran. Ini kita lakukan karena kami melihat adanya ancaman krisis pangan akibat banyaknya daerah yang mengalami gagal panen,” ungkap Kepala Bulog Regional Kalsel M Imron Rosyidi, Selasa (20/9/2022).

BACA : Digemari Masyarakat Di Kalsel, Bulog Berencana Tambah Lagi Stok Daging Kerbau

Salah satu langkah Buffer Stock adalah pihaknya mulai menjual beras medium di gudang ke pedagang agar stok beras tetap terpenuhi dipasaran.

“Kemudian kita juga terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan operasi pasar bersama dibeberapa daerah yang mengalami gejolak harga,” tambahnya.

Dirinya pun dalam kesempatan ini mengklaim stok beras medium di gudang Bulog Regional Kalsel cukup untuk memenuhi kebutuhan pasar hingga akhir tahun mendatang.

BACA JUGA :  Bulog Tambah 17 Ton Daging Kerbau Di Kalsel

“Stoknya cukup kami jamin sampai akhir tahun. Untuk jenis berasnya juga adalah varietas lokal yang digemari masyarakat Kalsel,” timpalnya lagi.

Sedangkan untuk komoditas lainnya Bulog Regional Kalsel juga mulai mendatangkannya secara bertahap, mulai dari gula hingga minyak goreng. “Langkah ini kita ambil untuk memastikan harga-harga komoditas di Provinsi Kalsel bisa senantiasa stabil sehingga tidak memicu inflasi yang berlebihan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.