Kasus Dugaan Skimming Bank Kalsel Menemui Titik Terang, Ini Penjelasan Polda Kalsel

0

KASUS hilangnya dana nasabah Bank Kalsel mulai menemui titik terang. Tim penyidik Ditreskrimsus Polda Kalsel terus melakukan penyelidikan, dari hasil pemeriksaan ada tiga nasabah, dua tim IT dan ada satu nasabah yang ada di luar Kalsel sudah diperiksa.

KABID Humas Polda Kalsel, Kombes Pol Mochamad Rifa’i mengatakan, kasus skimming ini saling berkaitan dengan Bank Pembangunan Deaeah (BPD) wilayah luar, dan semuanya masih dalam tahap lidik.

“Hasil lidik nantinya akan kita gelar, mudah-mudahan dari gelar perkara ada titik terang nanti akan kita simpulkan untuk menentukan siapa tersangkanya,” katanya, Rabu 10/8/2022).

BACA : Masih Menempel Di ATM Bank Kalsel, Alat Skimming Diamankan Ditreskrimsus Polda Kalsel

Kejahatan skimming ini ada indikasi keterkaitan dengan kasus serupa di Bank Daerah di luar Kalsel, “Karena memang ada ditemukan bukti tertulis,” paparnya.

Sebelumnya tim penyidik juga sudah menemukan alat bukti di ATM Bank Kalsel yang berada di SMKN 5 Banjarmasin, alat yang diduga skimming itu terpasang pada kabel jaringan internet, posisinya terpasang pada kabel LAN.

Kejadian dugaan skimming ini diketahui setelah sejumlah nasabah melapor ke kantor Bank Kalsel, karena saldo di tabungan mereka berkurang, tim internal Bank Kalsel selanjutnya melakukan verifikasi dan membenarkan terjadi skimming pada 94 nasabahnya.

Tak menunggu lama, Bank Kalsel kemudian mengganti dana nasabah tersebut, akibatnya Bank Kalsel mengalami kerugian mencapai Rp 1,9 miliar.(jejakrekam)

Penulis Iman S
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.