Lintas Sektor Tinjau TMMD Kodim 1022 di Desa Sumber Arum Satui

0

UPAYA mendukung program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Kodim 1022/Tanah Bumbu, Lintas Sektoral melaksanakan peninjauan terhadap kegiatan TMMD di Desa Sumber Arum, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Selasa (9/8/2022).

ANGGOTA DPRD Tanah Bumbu Dapil III Satui-Angsana, Asri Noviandani, mengungkapkan, melalui kegiatan ini, pihaknya melakukan peninjauan langsung di lokasi terkait sejauh mana pelaksanaan pengerasan jalan yang dilakukan oleh dinas terkait dengan Satgas TMMD.

“Jadi sebagai anggota dewan, kita melaksanakan tugas pengawasan terkait seperti apa pelaksanaan di lapangan itulah yang kita memang kita tinjau, dan juga ini nantinya akan masuk sebagai laporan dari pihak DPRD,” ucap Novi.

Ia menambahkan, sejauh ini DPRD bersama Pemerintah Daerah dan Satgas TMMD terus bersinergi serta berkomunikasi terkait hal terjadi di lapangan untuk didiskusikan. Seperti kendala yang terjadi dalam pelaksanaan kegiatan TMMD.

BACA: Tanah Bumbu Resmi Launching Program Satu Desa Satu Mesjid

Sebagai desa terjauh di Dapil III, pelaksanaan TMMD di Desa Sumber Arum dinilai sangat strategis dalam memberikan manfaat dan kemudahan bagi masyarakat di tengah minimnya sarana jalan yang memadai di desa tersebut.

“Mewakili masyarakat, pelaksanaan TMMD ini, diharapkan berjalan lancar demi kepentingan masyarakat. Dengan adanya jalan yang baik dan jembatan yang baik. Insya Allah nanti ekonomi, pendidikan, kesehatan semua yang berkaitan dengan warga Sumber Arum dapat lebih baik lagi,” harapnya.

Kepala Dinas PUPR Tanbu melalui Kepala Bidang Bina Marga, Suriadi, mengakui, pihaknya sangat menyambut baik kegiatan TMMD di Desa Sumber Arum Kecamatan Satui, yang merupakan salah satu daerah terpencil di Kabupaten Tanah Bumbu. Pembangunan pengerasan jalan yang dilakukan oleh Satgas TMMD dengan diawasi dinas terkait.

“Dengan peningkatan jalan desa ini dapat meningkatkan mobilitas masyarakat Desa Sumber Arum untuk mengakses ke pusat Kecamatan dan Kabupaten melalui sarana jalan yang memadai sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” ujar Koordinator Lapangan ini.

Program perbaikan jalan kegiatan TMMD ini memiliki spesifikasi timbunan pilihan atau basecourse (beskos) dengan panjang jalan 5 KM, dengan waktu pelaksanaan selama 1 bulan (26 Juli – 26 Agustus 2022). Dan, Dinas PUPR sebagai Pengawas di lapangan.

Kapten Inf Wahyono, Pasiter Satgas Kodim 1022/Tnb, mewakili Dansatgas TMMD ke-114, sekaligus Dandim 1022/Tnb, Letkol Inf Aldin Hadi,S.H.,M.Tr (Han) mengungkapkan, dirinya memiliki dua program fisik utama yang harus segera diselesaikan.

BACA: Pemkab Tanbu Ikuti Rakornis TMMD Tahun 2022

Selain peningkatan badan jalan dengan Batu Basecourse, pihaknya juga mengerjakan pembuatan gorong-gorong atau yang disebut plat duiker dengan lebar 2,5 – 3,5 meter dan panjang sekitar 6 – 7 meter.

Suply batu yang dikirimkan untuk mendukung kegiatan tersebut yang diperkirakan sebanyak 1.500 rit juga diterima dengan lancar, meskipun dirinya juga tidak menampik adanya beberapa kendala ringan yang untungnya dapat teratasi.

“Insya allah, mudah-mudahan cuaca mendukung. Saya optimis tanggal 20 jalan ini sudah harus tergelar dan terpadatkan. Untuk gorong-gorong mulai besok saya sudah memasang pondasi kanan-kiri. Lalu perakitan besi tonesernya yang untuk alas daripada badan jalan,” imbuh Kapten Inf Wahyono. (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.