TMMD ke-114 Dibuka, Ibnu Sina: Pemkot Banjarmasin Merasa Terbantu

0

TENTARA Negara Indonesia (TNI) Komando Distrik Militer (Kodim) 1007/Banjarmasin melakukan Upacara Pembukaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-114 Tahun Anggaran 2022, Selasa (26/7/2022). 

BERTEMA “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI”, sasaran TMMD tahun ini adalah Desa Sungai Gampa, Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara. 

Dandim 1007/Banjarmasin, Letkol Inf Ilham Yunus, menyebutkan, tujuan TMMD, untuk melakukan banyak pekerjaan fisik dalam membangun infrastruktur di pedesaan. Termasuk perbaikan rumah tidak layak dan masjid yang ada di daerah tersebut. 

“Tujuannya, TNI harus manunggal dengan masyarakat dan sosial. Kita melakukan banyak pekerjaan fisik, seperti, perbaikan jalan, gorong-gorong, ada rehab rumah tidak layak huni, dan rehab masjid,” tutur Ilham Yunus. 

Ia mengungkapkan, dipilihnya Desa Sungai Jingah, merupakan output dari masyarakat Kota Banjarmasin. “Misalnya, di Desa Sungai Jingah, diperlukanya peningkatan infrastruktur jalan. Itu output dari masyarakat, sehingga sasaran itu, kita usulkan ke Pemkot,” jelasnya. 

BACA: Diisi Atraksi Seni Budaya 25 Etnis, Kongres Borneo Raya Resmi Dibuka di Banjarmasin

Ilham Yunus mengharapkan, TMMD dilakukan 30 hari ke depan dapat meningkatkan infrastruktur di daerah pedesaan. Sehingga seluruh daerah-daerah yang ada di Kota Banjarmasin, infrastrukturnya terlengkapi, termasuk jalan yang sering digunakan masyarakat. 

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, mengaku, terbantu dengan TMMD tersebut, dalam meningkatkan maupun melakukan perbaikan terhadap infrastruktur di pedesaan. 

“Ini sebuah program kemanunggalan TNI. Pemkot Banjarmasin merasa terbantu dan memang selama ini ada kolaborasi pentahelix agar program pembangunan di Banjarmasin mengalami percepatan,” ujarnya. 

Sebab itu, Ia pun meminta, semua pihak dapat saling bahu membahu, sehingga program TMMD selesai sesuai target yang telah disepakati dan ditentukan. 

“Nanti saat penutupan, hasil-hasilnya akan disampaikan, dan mudah-mudahan pihak-pihak yang terkait dapat berhadir dalam penutupan TMMD. Hasilnya bisa kita evaluasi sama-sama. Tentu masyarakat Kota Banjarmasin, yang merasakan, termasuk Desa Sungai Gampa,” ucap Ibnu Sina. 

Pemkot Banjarmasin, sambungnya, juga akan melakukan peninjauan ke lapangan bersama-sama dengan seluruh anggota seperti Frokopimda dan Dandim. 

“Anggarannya yang sudah kita setujui Rp1,8 miliar, untuk fisik seperti material, bahan-bahan, dan sebagainya. Makanya, secara teknis kita juga melakukan peninjauan langsung bersama dinas-dinas terkait,” imbuhnya. (jejakrekam) 

Penulis Ummu Hani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.