Dilema Revitalisasi Pasar Batuah, Habib Fathur Ingatkan Walikota Ibnu Sina Utamakan Sisi Kemanusiaan

0

TOKOH Banua, Habib Fathurrahman Bahasyim merasa prihatin dengan nasib warga Kampung Batuah di bawah bayang-bayangan ancaman pembongkaran bangunan oleh Pemkot Banjarmasin.

CUCU Habib Hamid bin Abbas Bahasyim (Habib Basirih) ini pun sengaja datang ke Kampung Batuah yang masuk lokasi proyek revitalisasi Pasar Batuah dari Pemkot Banjarmasin dengan dana pembantuan Kementerian Perdagangan (Kemendag) senilai Rp 3,5 miliar.

Habib Fathur, sapaan akrabnya mengakui ada sebuah dilema yang harus dihadapi para pihak baik Pemkot Banjarmasin, terkhusus warga Kampung Batuah yang sudah puluhan tahun bermukim di kampung terletak di Jalan Veteran dan Jalan Manggis, Kuripan itu.

“Satu sisi rencana revitalisasi Pasar Batuah memang harus jalan, karena sudah menjadi program dari pemerintah pusat dan kota. Namun, sisi lainnya ada warga yang harus dikorbankan, karena harus tergusur dari kediamannya,” kata Habib Fathur kepada jejakrekam.com, Minggu (5/6/2022).

BACA : Tolak Tawaran Pemkot, Sertifikat Hak Pakai Pasar Batuah Bakal Digugat ke PN Banjarmasin

Pengasuh Majelis Al Mahabbah Kubah Basirih ini secara khusus mengimbau agar Walikota Ibnu Sina selaku orang nomor satu di Pemkot Banjarmasin untuk mempertimbangkan aspek kemanusiaan dalam rencana penggusuran rumah warga Batuah.

“Setidaknya, tunggulah proses hukum yang masih berlangsung di PTUN Banjarmasin. Semoga saja, Walikota Ibnu Sina dan jajarannya bisa mempertimbangkan aspek kemanusiaan dalam menggolkan rencana itu,” beber Habib Fathur.

BACA JUGA : Personel Loreng-Loreng dan Berseragam Cokelat Masuk Pasar Batuah, Ada Apa?

Berdasar informasi dan dialog yang dilakoni Habib Fathur, karena pemukiman Kampung Batuah ini banyak pula diisi para orangtua yang sudah sepuh. Bahkan, beberapa warga dikabarkan juga menderita sakit stroke dan lainnya.

“Mereka juga warga yang termasuk kategori berada di bawah kemiskinan. Tengok saja, pemukiman di Kampung Batuah ini didominasi rumah-rumah kayu yang padat,” ucap Habib Fathur.

BACA JUGA : Anggap Zalim, Klaim Lahan Pasar Batuah Milik Pemkot Banjarmasin Dibantah LBH Ansor Kalsel

Ia menegaskan pernyataan dirinya bukan bermaksud meremehkan warga Kampung Batuah yang sudah lama bermukim di kawasan padat penduduk dan berdekatan dengan Pasar Batuah itu. “Ini adalah fakta yang bisa disaksikan di tempat ini. Kalau mereka terpaksa digusur, mau kemana lagi?” katanya.

Habib Fathur menyarankan agar jalan dialog yang humanis harus ditempuh Pemkot Banjarmasin dengan warga Kampung Batuah, sehingga akan lahir solusi bersama (win-win solution).

BACA JUGA : Golkan Rencana Revitalisasi Pasar Batuah, Walikota Ibnu Sina Lobi Irjen Kemendag

“Artinya, sama-sama enak. Saya hanya mengimbau agar tunggu saja putusan pengadilan pada 26 Juli 2022 nanti, karena itu lebih baik bagi pemerintah kota. Sebab, warga Kampung Batuah adalah warga Banjarmasin juga,” tegas Habib Fathur.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.