PN Tanjung Kembali Berinovasi Dalam Tingkatkan Layanan ke Masyarakat

0

MESKI terbilang baru menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri (PN) Tanjung, Nyoman Ayu Wulandari sudah mulai melakukan terobosan baru dalam pelayanan di PN setempat.

BEKERJASAMA dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) PN Tanjung kini menerapkan tanda tangan elektronik yang tersertifikasi.

Menurut Ayu Wulandari, kerjasama ini untuk mewujudkan badan peradilan yang modern melalui transformasi digital layanan pengadilan. “Kami bertekad untuk mewujudkan misi tersebut dengan membuat seluruh layanan hukum di Pengadilan Negeri Tanjung berbasis elektronik,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (2/6/2022).

PN Tanjung sendiri ungkap Ayu sebelumnya sudah menyiapkan infrastruktur penerapan E-Office melalui Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan (SIAP) PN Tanjung yang dapat diunduh oleh pengguna layanan melalui Playstore Android maupun dengan mengaksesnya melalui website PN Tanjung. “Kita sudah punya SIAP PN Tanjung, layanan e-office terintegrasi yang memudahkan pengguna layanan mengajukan permohonan produk pengadilan secara elektronik,” ucapnya.

BACA: Tuntas Jabat Ketua PN Tanjung 2 Tahun, Wisnu Widiastuti Pamit ke Blitar

Namun bebernya untuk produk layanannya sampai saat ini masih mengandalkan tanda-tangan basah yang menuntut pengguna layanan datang ke pengadilan negeri tanjung untuk mengambil produk layanannya.

Dengan diterapkannya aplikasi ini nanti pengguna layanan tidak perlu lagi datang ke PN Tanjung untuk mengambil produk layanannya. “Mereka cukup mengunduhnya melalui aplikasi dan mencetaknya sendiri ditempat masing-masing,” ujarnya.

Ayu merasa sangat bersyukur bisa bekerjasama dengan Balai Sertifikasi Elektronik BSSN dalam menerapkan tanda tangan elektronik yang tersertifikasi ini. “Selaku pimpinan saya merasa sangat terhormat diberi kesempatan untuk bekerjasama dalam penerapan tanda tangan elektronik yang tersertifikasi dengan Balai Sertifikasi Elektronik BSSN ini,” ujarnya

Ayu berharap keberadaan tanda tangan elektronik tersertifikasi ini nantinya akan menyempurnakan transformasi digital Pengadilan Negeri Tanjung yang sudah dimiliki oleh PN Tanjung. (jejakrekam)

Penulis Herry

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.