3 Tahun Vakum, Kini Orkes Melayu-Dangdut KembalI Berdetak di Banjarmasin

0

MASA pandemi Covid-19 yang berlangsung dua tahun lebih, benar-benar meluluhlantakkan dunia seniman, khususnya pegiat orkes Melayu-Dangdut di Banjarmasin.

MEDIO 2022 ini, ketika kasus Covid-19 melandai dan terkendali, denyut Orkes Melayu (OM) pun berdetak kembali. Hal ini ditandai dengan konser bertajuk halal bihalal elemen pemusik, penyanyi dan pegiat OM di Taher Square, Banjarmasin, Jumat (27/5/2022) malam.

Para penyanyi senior pun menampilkan diri dengan suara emasnya di atas panggung ‘spektakuler’ di Taher Square, Jalan Piere Tendean, Banjarmasin.

BACA : Bangkitkan Musik Rock Melayu, KPMRM Helat Lomba Nyanyi Cover Secara Virtual

Rully, Ketua Persatuan Seniman Sound System Banua (PSB) Kalsel mengakui hampir tiga tahun, hiburan rakyat baik konser, panggung terbuka hingga pertunjukan orkes Melayu dan dangdut vakum di Banjarmasin.

“Pembatasan di masa pandemi Covid-19, membuat para pegiat orkes Melayu-Dangdut di Banjarmasin harus tiarap. Kalau pun ada, hanya hiburan berupa organ tunggal. Alhamdulillah, dengan kelonggaran yang ada di Banjarmasin, kami bisa menggelar pertunjukan ala konser pada malam ini,” ucap Rully kepada jejakrekam.com, Jumat (27/5/2022) malam.

BACA JUGA : Bunyi Banjar: Catatan Etnomusikologi Musik Banjar

Hiburan rakyat dengan musik Melayu-Dangdut di Taher Square usai tiga tahun vakum yang menyuguhkan penyanyi dan pemusik senior Banua. (Foto Sirajuddin)

Ia mengakui dalam konser ini, pemusik Melayu-Dangdut hadir dan ikut menyemarakkan hiburan rakyat di Taher Square. Sebut saja, dari OM Arina binaan Anang Badaruddin, OM Marasona yang merupakan “Soneta Group” Banua, OM Calia, OM Seloka Gembira, OM Ananta, OM Asaga, OM Kharisma yang berjaya di era tahun 1970 hingga 1990-an, bisa bernostalgia kembali.

Di atas panggung, para pemusik Melayu-Dangdut kawakan Banua pun mengenang masa kejayaan, ketika OM Marasona dan lainnya pernah mengiringi penyanyi dangdut nasional seperti Ike Nurjanah, Rita Sugiarto, Mansyur S, hingga penyanyi anyar, Ayu Ting Ting.

BACA JUGA : Jalan Baru, Banua Raya Symphony Usung Genre Melayu Banjar

Adik kandung Din Jaya ini mengatakan dengan hiburan rakyat lewat konser di Taher Square, warga Banjarmasin yang sudah rindu hiburan dangdut dan orkes Melayu, bisa kembali menikmatinya.

“Makanya, malam ini banyak penyanyi senior dan pemusik kawakan yang hadir sekaligus silaturahim usai lebaran, karena sudah tiga tahun vakum,” pungkas Rully.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.