Disuntik Rp 20 Miliar dari APBD 2022, Proyek Gedung Utama RSUD Sultan Suriansyah Dilanjutkan

0

DINDING bangunan RSUD Sultan Surianyah yang retak-retak jadi sorotan DPRD Kota Banjarmasin. Apalagi, tahun ini direncanakan proyek penyelesaian gedung utama rumah sakit milik pemerintah kota.

KOMISI III DPRD Banjarmasin pun melakukan pengecekan kondisi dinding RSUD Sultan Suriansyah yang mengalami keretakan, diduga akibat terjadi penurunan kualitas bangunan.

Anggota Komisi III DPRD Banjarmasin Muhammad Isnaini mengakui dalam alokasi anggaran di APBD 2022 telah disuntik dana sebesar Rp 25 miliar untuk kelanjutan pembangunan gedung utama RSUD Sultan Suriansyah.

“Dari hasil pengecekan kondisi bangunan RSUD Sultan Suriansyah, kami tak ingin jika kualitas bangunan rumah sakit ini malah rendah. Apalagi, nilai anggaran yang dialokasikan sangat besar dalam APBD,” ucap Isnaini kepada jejakrekam.com, Jumat (27/5/2022).

BACA : Anggaran Pengembangan Dan Bangun Lantai 4 RSUD Sultan Suriansyah Disiapkan Dana Rp 27 Miliar

Anggota Banggar DPRD Banjarmasin dari Fraksi Gerindra ini mengatakan jika persoalan itu terulang, hal itu menandakan pengawasan terhadap bangunan gedung pemerintah kota sangat lemah.

“Seharusnya, RSUD Sultan Suriansyah yang menjadi satu-satunya rumah sakit milik Pemkot Banjarmasin itu harus prima, termasuk jaminan keamanan dan keselamatan, tak hanya soal pelayanan kesehatan saja,” ucap Isnaini.

Dengan lelang proyek puluhan miliar, Isnaini mengingatkan agar persoalan keretakan dinding RSUD Sultan Suriansyah bisa segera diselesaikan atau diperbaiki.

BACA JUGA : Kenapa Ambulans Sungai RSUD Sultan Suriansyah Ditambatkan? Ini Jawaban Kadinkes Banjarmasin

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin Muhammad Ramadhan menegaskan soal proyek fisik di RSUD Sultan Suriansyah kini telah ditangani langsung pihak rumah sakit.

“Kuasa pengguna anggaran itu langsung oleh RSUD Sultan Suriansyah, bukan lagi Dinkes Banjarmasin. Baik proyek fisik, pengadaan alat kesehatan dan lainnya,” ucap Ramadhan.

BACA JUGA : Dipasang Guiding Block, RSUD Sultan Suriansyah Realisasikan RS Ramah Disabilitas Netra

Menariknya, dari laman LPSE Banjarmasin justru mencantumkan satuan kerja (satker) untuk pekerjaan konstruksi  belanja modal bangunan gedung utama RSUD Sultan Suriansyah adalah Dinkes Banjarmasin.

Untuk proyek penyempurnaan gedung utama RSUD Sultan Suriansyah dialokasikan nilai pagu paket Rp 20.161.912.207 atau Rp 20 miliar lebih bersumber dari APBD Banjarmasin tahun 2022.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.