Cerita Pemuda Kalsel Ikuti Ajang Sekebun Aksi, Mengabdi di Pelosok Aceh

0

PEMUDA asal Kalimantan Selatan, Rabiatul Adawiyah, terpilih menjadi salah satu delegasi volunteer dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang digelar Sekebun Aksi -sebuah organisasi yang berfokus terhadap isu lingkungan hidup- di Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, pada 24-28 Februari 2022 tadi.

RABIATUL Adawiyah yang akrab disapa Adaw melakukan kegiatan kerelawanan bersama 33 volunteer lain yang datang dari beragam daerah di Indonesia. Pengabdian masyarakat dihelat di Desa Lapeng, Pulo Aceh.

Dalam kegiatan tersebut, para relawan dibagi menjadi sejumlah bidang, seperti divisi pendidikan, divisi lingkungan, hingga divisi pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

Di Lapeng, Adaw yang merupakan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari mengemban tugas sebagai salah satu perwakilan divisi pendidikan. Ia melakukan kerja-kerja pengabdian seperti membuka lapak baca, kelas literasi, hingga sosialisasi mengenai kesehatan tubuh. Sasarannya adalah anak-anak yang ada di desa tersebut.

Ia bersama tim lainnya juga menggagas program pohon cita-cita. Yang tujuannya untuk memicu anak-anak Lapeng berani menyatakan impian mereka. “Dalam sekebun aksi ini, kami melakukan dari divisi pendidikan dalam program pohon cita-cita ihwal angan yang digapai mereka. Itu khusus memberikan motivasi kepada anak-anak Desa Lapeng,” beber Adaw.

BACA JUGA: Enam Titik Wilayah Banjir Bandang Terparah, Cerita Perjuangan Relawan di Pegunungan Meratus

Mengabdi di kawasan terpencil di Indonesia merupakan pengalaman berkesan bagi Adaw. Sebab, baru kali pertama ia ke luar dan menempuh perjalanan lebih dari 15 jam untuk menuju lokasi pengabdian.

Dari Kota Banjarmasin, Adaw bertolak menggunakan pesawat ke Kota Medan, Sumatera Utara. Sampai di kota ini, dia memilih akses jalur darat dengan menggunakan bus Damri ke Terminal PMTOH, Banda Aceh. Perjalanan cukup jauh memakan waktu 15 jam, Adaw bersama volunteer lainnya harus melewati jalur laut dari pelabuhan Lampolu ke Pulo Aceh, kemudian selama 1 jam menggunakan mobil pick up untuk menuju ke Desa Lapeng.

Untuk Desa Lapeng, Adaw berharap agar anak-anak yang telah tim Sekebun Aksi berikan motivasi untuk belajarnya ke depan, yaitu lebih semangat lagi dalam pendidikannya. “Dan juga, semoga apa yang telah kami lakukan di Desa Lapeng dapat memberikan kebermanfaatan untuk warga desa setempat. Tentunya, apa yang kami dapatkan di Desa Lapeng, maka juga bisa kami bawa ke daerah masing masing,” katanya.

BACA JUGA: Latih 30 Relawan, Walhi Kalsel Bantu 6 Desa di Hantakan Operasikan 11 Alat EWS Bencana

Ketua Sekebun Aksi, Cut Reska Zulviani menyampaikan bahwa program ini adalah pengabdian masyarakat berbasis lokal adat, yang terlebih Provinsi Aceh sebagai kota serambi mekkah. Jadi konsennya, kata dia, lebih ke ranah lingkungan dan pariwisata yang didalamnya juga terdapat aspek pendidikan.

“Kenapa kita memasukkan aspek pendidikan karena kita bekerjasama dengan lembaga Sikula Pasi. Itu adalah organisasi lokal yang menaungi sekolah daerah pesisir,” ujarnya.

Reska bilang, Sekebun Aksi ini bertujuan untuk mewadahi para pemuda-pemuda di Indonesia yang menyukai bidang pengabdian masyarakat. “Anggap semi KKN, ada beragam delegasi dari berbagai wilayah di Indonesia. Ada Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan dan Sumatera, yaitu Riau, Batam, Lampung dan Medan,” kata dia.

BACA JUGA: Relawan Muhammadiyah Bangun Jembatan Darurat di Patikalain

Dalam gerakan Sekebun Aksi ini, Reska menyebut akan menjadi kenangan bersama masyarakat Desa Lapeng, tentunya mendapatkan pengalaman tersendiri bagi mereka yang menjadi peserta (delegasi). Alhasil, kata dia, semoga bermanfaat untuk masyarakat dan peserta Sekebun Aksi ini.

“Sekecil apapun yang kita bawa, apalagi itu membuat mereka senang maka itu akan berharga bagi masyarakat desa. Ini juga menumbuhkan rasa kekeluargaan, mereka menganggap kita seperti anak angkat. Itulah output dari kegiatan ini,” pungkasnya. (jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/03/07/cerita-pemuda-kalsel-ikuti-ajang-sekebun-aksi-mengabdi-di-pelosok-aceh/
Penulis Rahim Arza
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.