38.088 KM Ruas Jalan di Balangan Rusak Parah

0

KABUPATEN Balangan terdata memiliki total jalan sepanjang 486.992 KM. Angka tersebut diperoleh dari data ruas jalan tahun 2022 oleh Dinas PUPR Kabupaten Balangan.

DARI jumlah panjang jalan tersebut, diketahui, 187.548 KM dalam kondisi baik atau 50,37 persen dari total panjang jalan Kabupaten Balangan.  Kemudian, 114.356 KM kondisi sedang. Sementara jalan yang rusak ringan sepanjang 147.000 KM atau 38,13 persen.

Dari data tersebut, nampak pula total panjang jalan yang mengalami kerusakan parah. Adapun angka ruas jalan rusak berat yakni sepanjang 38.088 KM atau 8,06 persen dari total panjang secara keseluruhan.

BACA :  Anggota DPRD Balangan Tinjau Proyek Perbaikan Jembatan Paringin

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Balangan, Rina Ariyani menerangkan, pada tahun ini, Dinas PUPR Kabupaten Balangan telah menganggarkan perbaikan pada beberapa ruas jalan. Diantaranya ruas Jalan Muara Pitap – Gunung Pandau, Simpang Empat Gunung Pandau – Haur Batu dan Jalan Bungin.

Tak hanya itu, beberapa jalan di kawasan pedalaman juga menjadi perhatian. Dimana ada perencanaan untuk peningkatan jalan Halong-Gunung Riut, Sungsum-Kambiyain, Tabuan – Uren,  Uren Bantala, Jalan Ruuk – Sawang dan Jalan Lajar – Mundar. Penanganan jalan ini ucap Rina menyebar pada beberapa kecamatan di Kabupaten Balangan. “ke depannya kondisi jalan rusak berkurang, dan jalan baik pun meningkat,” pungkas Rina Ariyani.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.