Dinkes Kalsel Pastikan 9 Warga Positif Omicron, Masyarakat Diminta Perketat Prokes

0

KEPALA Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Selatan, M Muslim, memastikan 9 orang warga di Kalsel sudah positif terpapar Covid-19 varian Omicron.

HASIL ini didapat usai pemerintah mengirimkan 19 sampel warga yang sebelumnya terindikasi kuat telah terpapar varian baru dari coronavirus tersebut. Sampel dikirim ke Lab Litbang Kemenkes RI untuk dilakukan pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS).

“Hasilnya keluar Senin (7/2/2022) malam. Tiga dari Kota Banjarmasin, dua dari Kota Banjarbaru, satu orang dari Tanbu, dan sisanya dari luar daerah yang dirawat di RS Ansal. Yakni dari Jawa Timur dan Semarang (Jawa Tengah). Kasus luar daerah ini sudah pulang karena dinyatakan sembuh,” ujar Muslim.

BACA JUGA: Ahli Epidemiologi Kalsel Sebut Tak Perlu Waswas dengan Hadirnya Varian Omicron

Sementara itu, untuk 10 warga lain yang sampelnya diikutkan dalam pemeriksaan WGS masih menunggu hasil laboratorium.

Sebagai langkah antisipasi penyebaran, Muslim menyebut Gubernur Kalsel Sahbirin Noor telah mengeluarkan surat edaran yang dikeluarkan tanggal 3 Februari 2022 yang ditujukan kepada seluruh bupati dan wali kota se-Kalsel. Isinya imbauan peningkatan upaya pengendalian Covid-19 setelah melihat angka kasus positif Covid-19 yang terus melonjak dalam sepekan terakhir.

BACA JUGA: Antisipasi Omicron, Disdikbud Kalsel Masih Berlakukan PTM Terbatas di SMA Sederajat

“Data yang kami terima, dalam seminggu terakhir kasus positif ada 1.089 kasus di Kalimantan Selatan. Terbanyak ada di Kota Banjarmasin 750 kasus,” bebernya.

Muslim pun meminta masyarakat untuk tidak panik dan terus menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. “Vaksinasi ketiga atau booster juga terus kita laksanakan,” tandasnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.