Muhammadiyah Kalbar Belajar Tata Kelola Amal Usaha ke Masjid Al Jihad Banjarmasin

0

PIMPINAN Wilayah Muhammadiyah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) mengunjungi Masjid Al Jihad yang berada di bawah Pimpinan Cabang Banjarmasin 4.

KUNJUNGAN tersebut untuk ‘belajar’ sekaligus silaturrahim, khususnya tata kelola sekolah di bawah ranting dan cabang Muhammadiyah Banjarmasin 4. “Jadi Muhammadiyah Kalbar mengunjungi dan belajar mengelola amal usaha Muhammadiyah Banjarmasin 4 mampu lebih maju dan sangat baik,” ujar Ketua PC Muhammadiyah Banjarmasin 4 H Taufik Hidayat kepada jejakrekam.com.

Menurutnya, amal usaha PC Muhammadiyah Banjarmasin 4 Masjid Al Jihad, SD Muhammadiyah, SMP Muhammadiyah, TK Aisyiyah, SMK Muhammadiyah dan lainnya yang banyak memiliki keunggulan, bahkan sampai tingkat nasional. “Rata-rata jamaah 500-3.000 shalat lima waktu di Masjid Al Jihad. Lalu 1.232 jenazah dalam kurun waktu 2021 diselenggarakan. Nah ini yang dipelajari mereka, bagaimana tata kelolanya, kemudian kiat-kiatnya apa?,” tuturnya.

BACA: Ribuan Orang Shalatkan Mantan Walikota Banjarmasin HA Yudhi Wahyuni di Masjid Al Jihad

Termasuk jumlah hewan kurban setiap Idul Adha, jelasnya, juga dipelajari. “Jumlah 80-an hewan kurban mampu disembelih satu hari selesai dengan panitia 600 orang,” ucap Ketua Yayasan Insan Cendekia ini.

Belum lagi pengajian di Masjid Al Jihad, sambungnya, mampu 52 kali pertemuan dalam satu bulan. “Bahkan jamaah pengajian subuh mampu 1.500 orang,” tandasnya.

Sementara itu, pengelola Radio Al Jihad H Yahya Khan mengungkapkan, Muhammadiyah Kalbar juga melihat studio Radio Al Jihad. “Radio Al Jihad sudah berdiri sejak Masjid Al Jihad yang baru diresmikan. Nah peminatnya sangat banyak. Pendengar selalu mempertanyakan jika Radio Al Jihad tidak on air (mengudara). Kami juga menghadirkan program dari kajian dan ustadz baik lokal maupun nasional Muhammadiyah,” beber mantan Kepala Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan (BKBPMP) Kota Banjarmasin ini.

Senada itu, Penasehat Pengurus Masjid Al Jihad Banjarmasin H Mudatsir mengapresiasi kehadiran Muhammadiyah Kalbar datang untuk memilihat tata kelola amal usaha ke Masjid Al Jihad Banjarmasin. “Memang mereka melihat tata kelola sekolah di Muhammadiyah Banjarmasin 4. Termasuk program sekolah, dan mereka langsung melihat kondisi sekolah,” sebutnya.

Hasil dari kunjungan Muhammadiyah Kalbar yang berjumlah 82 orang tersebut, tambah H Taufik Hidayat , PC Muhammadiyah Banjarmasin 4 diminta untuk mendampingi dalam tata kelola amal usaha Muhammadiyah Kalbar yang bermarkas di Kota Pontianak. (jejakrekam)

Penulis ril

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.