Husairi Abdi

Sediakan Stok 500 Ribu Vaksin, Dinkes Kalsel Sebut Angka Vaksinasi Lampaui Target Nasional

0

PROGRAM vaksinasi jelang akhir tahun 2021 terus dikebut. Saat ini, program penyuntikan vaksin Covid-19 berbagai merek masih berlangsung di 13 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan.

KEPALA Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalsel Muhammad Muslim memastikan stok vaksin yang siap disuntikkan kepada para penerima masih tersedia di gudang farmasi.

“Saat ini, stok vaksin yang ada di Dinkes Kalsel tercatat sekitar 500.000 lebih. Tapi, jumlah stok vaksin berbagai merek ini akan berkurang karena program vaksinasi masih berlangsung di 13 kabupaten dan kota di Kalsel,” ucap Muslim kepada jejakrekam.com, Kamis (30/12/2021).

Menurut Muslim, hingga kini, target vaksinasi nasional di angka 70 persen sudah dilampaui Kalsel, khususnya untuk penyuntikan vaksin dosis pertama.

BACA : Gencar Jemput Bola, Capaian Vaksinasi di Banjarbaru Tembus Angka 70,14 Persen

“Hingga hari ini, persentase vaksinasi massal untuk warga Kalsel dari populasi penerima atau sasaran sudah mencapai 72,31 persen. Sedangkan, untuk vaksinasi dosis kedua baru 40,25 persen,” papar Muslim.

Masih berdasar data, Muslim menyebut untuk vaksinasi warga lanjut usia (lansia) di Kalsel tercatat sudah 55,14 persen untuk dosis pertama. Sedangkan, dosis kedua masih rendah hanya 1,06 persen.

“Dari jumlah persentase vaksinasi nasional yang ditargetkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Gubernur Kalsel Sahbirin Noor sudah terpenuhi. Artinya, target 70 persen sudah ditunaikan gubernur,” kata Muslim.

BACA JUGA : Tak Bisa Tunjukkan Sudah Bervaksin, Pemkab Banjar Ancam Warga Disanksi Administrasi

Ia menerangkan untuk capaian vaksinasi tertinggi di Kalsel dipegang Kabupaten Balangan tercatat sebanyak 81,07 persen warganya sudah divaksin. Sedangkan, posisi terendah diduduki Kabupaten Banjar hanya 64,54 persen.

“Patut dicatat, Kabupaten Banjar merupakan daerah yang memiliki sasaran warga divaksin terbesar kedua setelah Kota Banjarmasin. Kalau di Kabupaten Banjar ada sekitar 442 ribu orang yang harus vaksin, dibandingkan Kabupaten Balangan di bawah 100 ribu orang saja,” papar Muslim.

BACA JUGA : Tersisa 15 Persen, Walikota Ibnu Sina Pasang Target 80 Persen Warga Banjarmasin Sudah Divaksin

Muslim mengatakan capaian vaksinasi 81,07 persen di Balangan yang melampaui target nasional hanya untuk data penyuntikan dosis pertama. Sedangkan, sasaran warga lansia masih di angka 65 persen dari target 99.907 orang.

“Supaya berimbang dengan Kabupaten Banjar, tentu jumlah sasaran vaksinasi di Balangan jauh lebih rendah. Makanya, angka vaksinasi Kabupaten Banjar baru 64,54 persen namun jumlah sasaran mencapai 442.251 orang. Totalnya, vaksinasi dosis pertama dan kedua di Kabupaten Banjar itu sudah tercatat sebanyak 285.390 orang,” ungkap Muslim.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.