Husairi Abdi

8 Unit TPS 3R Siap Layani Pengelolaan Sampah 2.356 Kepala Keluarga di Tabalong

0

DELAPAN unit Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R) siap memberikan layanan pengelolaan sampah terhadap 2.356 Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan.

KEPALA Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong Rowi Rawatianice menjelaskan program TPS 3R bertujuan untuk mengurangi kuantitas dan memperbaiki karakteristik sampah.

“Secara lebih lanjut akan diolah di Tempat Pemerosesan Akhir (TPA) sampah dan berperan dalam menjamin umur manfaat TPA sampah di Kabupaten sesuai rencana,” kata Rowi Rawatianice saat kegiatan serah terima sarana program TPS 3R, Apresiasi Adiwiyata Nasional serta Penilaian Kinerja TPS 3R dan Bank Sampah tahun 2021 di Pendopo Bersinar Tanjung, Senin (27/12/2021).

Menurut dia, dalam penyelenggaraannya TPS 3R itu menekankan pada pelibatan masyarakat dan pemerintah kabupaten (pemkab), serta pembinaan dan pendampingan untuk keberlanjutan TPS 3R. Saat ini, TPS 3R disebar di empat Kecamatan meliputi, Kecamatan Tanjung, Murung Pudak, Tanta dan Kelua.

BACA : Angkut 1 Ton Sampah dari Sungai Tabalong, Ini Para Pemenang Bamasung 3 Tahun 2021

“Program TPS 3R berjalan sejak tahun 2013, di mana dibangun satu unit TPS 3R di Kelurahan Pembataan yang dikelola oleh KSM Pelita hingga pada tahun 2017 Kabupaten Tabalong hanya memiliki satu unit TPS 3R,” papar Rowi.

Masih menurut dia, pada 2018 dibangun kembali dua unit TPS 3R yakni TPS 3R Maju Bersama Desa Maburai dan TPS 3R Tanjung Selatan Bersinar Kelurahan Mabuun.

“Di tahun 2020, Pemkab Tabalong mendapat bantuan hibah dari Kementerian PUPR sebanyak dua unit TPS 3R. Yakni, TPS 3R Nawuraha di Desa Warukin dan TPS 3R Menanti Padang Panjang di Desa Padang Panjang,” ungkapnya.

BACA JUGA : Jadi Daerah Penyangga IKN, Tabalong Punya Lahan 3.000 Hektare untuk Kawasan Industri

Sebagai bentuk komitmen, pada tahun yang sama pemerintah daerah melukan replikasi TPS 3R dengan dana APBD  membangun satu unit TPS 3R Pendopo Bersinar di Kelurahan Pembataan.

Kemudian, Kementerian PUR memberikan kepercayaan bantuan dua unit TPS 3R kepada Pemkab Tabalong dengan dibangunnya TPS 3R Bina Lestari di Desa Garunggung Kecamtan Tanjung dan TPS 3R Buluh Berjaya di Kecamtan Kelua.

“TPS 3R ini telah beroperasional memberikan layanan pengelolaan sampah mulai bulan November 2021,” imbuh Rowi.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.