Tim Seleksi JPT Kabupaten HSU Serahkan Hasil Penilaian

0

PEMERINTAH Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan menggelar seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPT) di lingkup Pemerintah Kabupaten HSU di Hotel G Sign Banjarmasin.

KETUA Tim seleksi (Timsel) KH Prof Dr HA Hafiz Anshary AZ MA di Banjarmasin, mengatakan, secara teknis nilai yang diberikan oleh timsel terhadap pesera JPT bersifat rahasia. Masing-masing anggota Timsel tidak tahu berapa jumlah nilai yang diberikan.

Hafiz menerangkan, nilai yang diberikan tim seleksi langsung dimasukan dalam amplop. “Teknis yang kami lakukan di dalam wawancara, nilai masing-masing timsel yang diberikan itu tidak diketahui oleh yang lain, setelah selesai diserahkan kepada sekretaris,” ujarnya.

BACA: Kades se HSU Disuluh Hukum Dari Kastel Kejari

Timsel JPT sudah mewancarai 18 orang pejabat HSU, namun tidak mengetahui berapa hasilnya. Kegiatan rekapitulasi nilai juga dilakukan secara terbuka bersama sekretariat panitia, dan hasilnya diserahkan kepala Plt Bupati HSU untuk ditindak lanjuti.

“Pelaksanaan seleksi JPT memang sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan tim pansel berupaya secara maksimal untuk melaksanakan sebaik-baiknya. Tidak ada intervensi dari siapa pun, objektivitas kita tempatkan sebagai prioritas kita,” tegas Hafiz.

Sekretaris pelaksana seleksi JPT di lingkungan Pemkab HSU, Khairi Hanan mengatakan, pihaknya melaksanakan berbagai tahapan dan rekomendasi dari komisi ASN.

“Tim Pansel juga kebetulan berasal dari akademisi, jadi tim pansel berasal dari unsur eksternal semua, sehingga InsyaAllah pelaksanaannya transparan tanpa ada intervensi dari pihak luar,” terang Khairi.

Ia menyampaikan, Tim Pansel terdiri dari lima orang dari akademisi yakni KH Prof Dr HM Hafiz Anshary AZ MA selaku ketua. Empat anggotanya Dr H Abdul Halim Shahab SH MH, Dr Murdiansyah Herman S Sos M AP, Sukma Noor Akbar M Psi dan Dr Andi Tenri Sompa, S IP M Si.

OBJEKTIF: Ketua Tim Seleksi JPT Kabupaten HSU, KH Prof Dr HA Hafiz Anshary AZ MA menegaskan seleksi JPT sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, tidak ada intervensi dan objektivitas dijadikan prioritas.

Syarat untuk mendaftar pada seleksi JPT juga tidak mudah. Selain minimal memiliki pangkat IVa, juga berada dalam jabatan eselon tiga sekurang-kurangnya dua tahun. Memiliki rekam jejak yang baik dan sudah mengikuti Diklatpim, menyampaikan makalah serta melakukan presentasi dan wawancara dengan tim pansel.

“Kegiatan seleksi terbuka JPT di Kabupaten HSU kali ini, dilatarbelakangi banyaknya kekosongan jabatan eselon dua. Yakni sebanyak 21 jabatan ditambah adanya perubahan kenaikan jabatan Kesbangpol dari eselon tiga menjadi eselon dua, sehingga ada 22 jabatan eselon dua yang kosong,” kata Khairi.

Ia menginformasikan, Tim Panitia Seleksi sudah melaksanakan pengisian jabatan sebanyak 10 jabatan hingga, ia berharap tahun depan semua jabatan yang kosong sudah terisi.

Salah seorang pejabat HSU dari Dinas Pendidikan yang mengikuti seleksi JPT Junaidi Gunawan mengaku senang dengan dilaksanakannya seleksi JPT karena memberi kesempatan bagi ASN mengembangkan karir di Pemda HSU khususnya.

“Diharapkan dapat membantu pemerintah juga dalam meningkatkan pelayananan kepada masyarakat,” katanya.

BACA JUGA: Disdukcapil HSU Jemput Bola Untuk Perbaiki Dokumen Kependudukan dan Catatan Sipil

Senada dengan Junaidi, Sekretaris Dinas Pertanian HSU Haridi menilai setiap pimpinan harus ditetapkan melalui seleksi terbuka sehingga mendapatkan pimpinan SKPD yg kompeten, kapabilitas

“Sehingga pejabat yang terpilih nanti memilki komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugasnya,” pungkasnya.

Pada hari itu juga berkas penilaian diserahkan Timsel kepada Plt Bupati HSU H Husairi Abdi yang hadir meninjau pelaksanaan seleksi terbuka JPT di Hotel G Sign Banjarmasin.

Husairi berharap siapa pun pejabat yang lolos seleksi dan menempati posisi jabatan eselon dua bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya

“Melalui seleksi ini pejabat yang lolos sudah memenuhi kriteria dan persyaratan yang ditetapkan, semoga bisa menjalankan tugas dengan baik,” kata Husairi.(jejakrekam)

Penulis Muhammad
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.