Disdukcapil HSU Jemput Bola Untuk Perbaiki Dokumen Kependudukan dan Catatan Sipil

0

SAAT pandemi Covid-19, Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), meluncurkan program Pelayanan Sehari Tuntung (Saruntung).

PELAKSANA tugas (Plt) Kepala Dinas Disdukcapil Kabupaten HSU, Hj Ida Rimaliana SE MAP, menjelaskan keunggulan program layanan Saruntung. “Masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan dan catatan sipil, tidak perlu lagi cape mengurus, karena program Saruntung ini langsung jemput bola ke desa,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (9/6/2021).

Program Saruntung ini, Disdukcapil bekerjasama dengan Pengadilan Negeri Amuntai. Langsung turun kelapangan, memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

BACA: Tak Hanya Terima DIPA-TKDD 2021, Pemkab HSU Raih WTP Lima Kali Berturut-turut

Pertama program Saruntung ini dilaksankan di Desa Sungai Namang Kecamatan Danau Panggang, kedua di Desa Rantawan Kecamatan Amuntai Tengah.

Hj Ida mengatakan, Disdukcapil langsung memberitaukan kepada kepala desa maupun masyarakat langsung, yang ingin merubah dokumen kependudukan yang memerlukan penetapan Pengadilan.

“Kita mengumpulkan permohonan, berdasarkan zona wilayah masing-masing untuk dilakukan verifikasi kelengkapan berkas. Setelah berkas lengkap, Disdukcapil memberikan surat pengantar disertai berkas permohonan masyarakat untuk dilakukan sidang,” ujarnya.

BACA JUGA: Kades se HSU Disuluh Hukum Dari Kastel Kejari

Terus ujarnya, setelah keluar putusan pengadilan, Disdukcapil langsung membuatkan tiga dokumen, diantaranya kartu keluarga, akta kelahiran, KIA bagi pemohon dibawah 17 tahun. Untuk usia 17 tahun keatas, langsung dibuatkan KTP elektronik.

“Kita langsung yang menyerahkan tiga dokumen sekaligus di desa tersebut,” terangnya

“Masyarakat tidak perlu datang ke Disdukcapil atau Pengadilan, kami yang melakukan jemput bola ke lapangan. Kita permudah pelayanan. Agar masyarakat dapat dimudahkan dari segi waktu dan biaya,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Muhammad
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.