Hasanuddin Murad : Semua Elemen Masyarakat Perlu Mengetahui Ketentuan Panggulangan Bencana

0

AGAR Penyelenggaraan penangulangan bencana dapat berjalan optimal, semua elemen masyarakat perlu mengetahui aturan ketentuan salahsatunya adalah Peraturan daerah (Perda) tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana yang diterbitkan oleh pemerintah provinsi setempat.

HAL itu diungkapkan Anggota DPRD  Kalsel H Hasanuddin Murad, dalam sosialisasi perda (Sosper) Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, kepada puluhan kelompok relawan penanggulangan bencana dan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) di Handil Bakti Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Selasa (21/12/2021).

Melalui sosialiasi yang disampaikan kepada para relawan, lanjut  Hasanuddin Murad, maka  informasikan terkait aturan dapat diteruskan kepada masyarakat di desa masing-masing dalam upaya penanggulangan bencana sejak awal.

BACA : Tingginya Angka Perkawinan Anak Usia Dini Di Batola Menjadi Sorotan Hasanuddin Murad

Anggota komisi III DPRD Kalsel ini juga menyampaikan, bahwa melalui sosper ini masyarakat dapat memahami kepada siapa saja melaporkan dan mengadu untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul dan terjadi.

Begitu pula jika ditemukan kondisi yang membutuhkan bantuan berupa dana, maka dapat dikoordinasikan dan diselesaikan melalui dana desa, kabupaten maupun provinsi, termasuk pengupayaan melalu CSR perusahaan.

Politisi senior Partai Golkar ini meminta seluruh kelompok relawan yang hadir tetap bersemangat. Sehingga terbiasa untuk mengatasi persoalan terkait dengan masalah yang sedang dihadapi. “Saya minta seluruh relawan tetap semangat sehingga terbiasa menghadapi masalah yang dihadapi setiap saat,” sebut Hasanuddin Murad.

Salah satu narasumber yang juga Mantan Kepala BPBD Batola, Sumarno mengatakan tahun 2021 kabupaten Barito Kuala terdapat berbagai macam bencana, karena cuaca masuk musim penghujan.

Lanjut, selain bencana banjir terdapat juga cuaca ekstrem dan angin puting beliung, diperparah dengan banjir rob atau gelombang pasang yang sedang terjadi pada bulan Desember. “Banjir rob atau gelombang pasang itu sudah melanda beberapa wilayah dan desa cuma datangnya cepat dan surut juga cepat,” bebernya.

Terakhir, Sumarno menghimbau kepada masyarakat yang berada dipesisir sungai Barito untuk selalu waspada terhadap banjir rob atau gelombang pasang.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.